160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Begini Cara ‘Crazy Rich’ di Kalimantan Habiskan Uang

Crazy Rich ” Andi Syamsuddin Arsyad yang akrab dipanggil Haji Isam
750 x 100 AD PLACEMENT

BANJARMASIN – Orang super kaya Indonesia atau dikenal dengan istilah crazy rich Indonesians diprediksi bakan terus bertambah. Berdasarkan data Knight Frank Wealth Report 2021, jumlah peningkatan tahunan orang super kaya di Indonesia akan naik 67 persen dalam lima tahun ke depan sampai 2025.

Kalimantan Selatan juga memiliki orang terkaya atau crazy rich dari Kalimantan Selatan (Kalsel). Bagi warga setempat, nama ” crazy rich ” Andi Syamsuddin Arsyad yang akrab dipanggil Haji Isam, tentu sangat familiar. Selain dikenal dermawan, Haji Isam aktif di dunia otomotif.

Sebagai Crazy Rich yang uangnya yang nyaris “unlimited”, ia tak ragu menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk kegiatan filantropi, yang notabene tidak mendatangkan keuntungan materiil baginya. Berikut ini beberapa di antaranya:

Membangun Masjid Megah

Haji Isam membangun sebuah masjid megah di Jalan Kodeco KM 2,5 Desa Gunung Antasari, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. Orang-orang menyebutnya masjid Al-Falah, Batulicin, diambil dari nama pusat kota Tanah Bumbu.

750 x 100 AD PLACEMENT
Masjid Al-Falah, Batulicin, Tanah Bumbu, dibangun oleh salah satu orang terkaya dari Kalimantan Selatan (Kalsel), Andi Syamsuddin Arsyad, atau dikenal akrab dengan panggilan Haji Isam.

Masjid warna putih bernuansa emas di beberapa sisinya itu berarsitektur timur tengah berpadu dengan ornamen khas Kalimantan Selatan. Masjid dua lantai ini berdiri di tanah seluas 1,6 hektare yang dibangun Jhonlin Group bersama konsultan PT Graha Cipta Adi Prana dan kontraktor pelaksananya PT Grici Mas dari Jakarta.

Masjid ini sangat luas dengan parkiran yang mampu menampung ratusan mobil. Di pelatarannya terdapat sebuah kolam ikan cukup besar yang menciptakan suasana segar dan asri

Memiliki Tim Balap

Haji Isam memiliki tim balap bernama Jhonlin Racing Team, yang biasa merumput di kelas Jip Tubular offroad. Tim ini memiliki homebase dan bengkel berfasilitas komplit, yang dikomandani seorang mekanik bule.

Jhonlin Racing diperkuat lima pembalap, di antaranya Liana Jhonlin, putri Haji Isam. Dalam setiap kejuaraan yang diikutinya tim ini tampil all out.

750 x 100 AD PLACEMENT
Rumah Haji Isam (Sumber: Instagram/uplightpro_id)

Pada event Indonesia X-Treme Off Road Adventure Team di Sirkuit Sakura Gunung Goong Tasikmalaya misalnya, tim berciri khas warna kuning ini datang dengan kapal Landing Craft Tank (LCT) pribadi.

Umrahkan Guru

Pada Februari 2018 lalu, sebelum merebaknya masa pandemi Covid-19, Haji Isam mengumrahkan semua guru SMPN 1 Mentewe, Tanah Bumbu.

Mereka yang diberangkatkan adalah guru-gurunya yang bertugas saat ini, lalu guru-guru yang mengajar tahun 1990 hingga 2000 beserta suami/isteri masing-masing yang seluruhnya berjumlah 250 orang. Selain itu, Haji Isam juga menyumbang dana segar untuk sekolahnya sebesar Rp 1,5 miliar.

Membangun Rumah Sakit

Selain membangun masjid, Haji Isam juga membangun sebuah rumah sakit berstandar Internasional bernama Marina Permata Hospital‎. Rumah sakit ini berada di Jalan Kodeco KM 03 Gunung Besar Simpang Empat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Menurut pemiliknya, Kabupaten Tanah Bumbu membutuhkan Rumah Sakit yang mampu menampung 400 pasien rawat inap, tetapi saat ini belum bisa dipenuhi oleh semua fasilitas kesehatan yang ada.

Rumah sakit ini berdiri gagah setinggi 3 lantai di area seluas 10.000 meterpersegi, sebagai proyek tahap awal. Peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming. [NA]

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Begini Cara ‘Crazy Rich’ di Kalimantan Habiskan Uang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT