160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dewan Dorong Pemkot Samarinda Fokus Tanggulangi Banjir

Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda Mohammad Novan Syahronny Pasie
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Sekretaris Komisi III DPRD Samarinda, Mohammad Novan Syahronny Pasie mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk tetap fokus membangun infrastruktur penanggulangan banjir pada Tahun 2023.

“Kami terus mendorong agar Pemkot Samarinda tetap fokus dan melanjutkan program terkait penanggulangan banjir dan penanganan sampah pada tahun 2023, sebab isu banjir dan sampah masih menjadi perhatian warga Kota Samarinda,” kata Novan di Samarinda, Selasa.

Ia mengapresiasi kinerja Pemkot Samarinda pada tahun 2022terkait penanggulangan banjir, terbukti debit air secara signifikan menurun dan adanya pengurangan genangan di beberapa titik. Meski demikian penanggulangan banjir perlu ditingkatkan lagi.

Lanjutnya, hal yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagaimana menanggulangi banjir pada saat air sungai mengalami pasang. Meskipun drainase sudah mantap, namun banjir tetap tak tertanggulangi saat terjadi air pasang.

“Maka perlu dilakukan koordinasi yang intens dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kementerian PUPR untuk segera melaksanakan pekerjaan pintu air. Pintu air tersebut nantinya buka tutup dari Sungai Mahakam ke anak sungai bisa optimal dalam penanggulangan banjir saat pasang,” papar Novan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Terkait masalah sosial seperti pembebasan lahan yang menjadi tupoksi dari Dinas PUPR Kota Samarinda bisa tuntas di tahun 2023, terutama permukiman di Bantaran Sungai di Jalan AM Sangaji sampai jembatan Gatot Subroto hingga ke Jalan Tarmidi.

Menurutnya, penyelesaian pembebasan lahan di bantaran Sungai Karang Mumus terbukti efektif dalam mengurangi debit air banjir. Sebab akan mempercepat pekerjaan penurapan oleh BWS Kementerian PUPR.

Novan juga mengungkapkan, selain persoalan banjir juga persoalan sampah masih perlu diprioritaskan pada tahun 2023 ini. Misalnya pemindahan dari TPA Gunung Sampah ke TPA Sambutan mesti disegerakan. Di samping itu juga dioptimalkan realisasi TPA alternatif di Batu Cermin.

“Dalam hal pembuangan sampah, masyarakat juga mesti diedukasi secara kontinyu untuk tidak membuang sampah di sungai dan juga bisa memilah sampah organik dan non organik,” katanya. (ADS/DPRD SAMARINDA)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT