Pabrik Minyak Goreng Skala Kecil bakal Dibangun di Kaltim

Ilustrasi kelapa sawit.

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) tengah mempersiapkan pembangunan pabrik minyak goreng skala kecil untuk meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat setempat serta memenuhi kebutuhan minyak goreng di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menyampaikan bahwa langkah awal ini telah dibahas bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop), dan UMKM Kaltim pada Selasa lalu.

Dalam keterangannya, Ence menjelaskan bahwa sinergi antara sektor perkebunan dan perindustrian sangat penting untuk meningkatkan produksi minyak goreng lokal.

Upaya ini juga bertujuan untuk menggenjot perekonomian daerah, mengingat potensi besar dari perkebunan kelapa sawit di Kaltim yang dapat diolah lebih lanjut.

Kaltim memiliki luas area perkebunan kelapa sawit mencapai 1.411.861 hektare, yang terdiri dari perkebunan milik perusahaan besar dan perkebunan rakyat.

Rinciannya, sekitar 972 ribu hektare dikuasai oleh perusahaan besar swasta, sementara 373 ribu hektare adalah perkebunan rakyat.

Dengan luas tersebut, produksi tandan buah segar (TBS) mencapai 19,2 juta ton atau setara dengan 3,8 juta ton crude palm oil (CPO).

Besarnya potensi ini membuka peluang besar untuk mendirikan pabrik minyak goreng sawit, terutama dengan adanya rekomendasi teknologi pengolahan kelapa sawit dari Dirjen Kementerian Pertanian.

Rekomendasi teknologi pengolahan minyak goreng ini diperoleh karena banyaknya bahan baku TBS yang berasal dari perkebunan rakyat, yang dikelola secara swadaya bersama petani.

Pertemuan dengan Disperindagkop juga menghasilkan berbagai pandangan dan dukungan dari pihak terkait, termasuk pelatihan dan bantuan pendanaan untuk pengusaha kecil dan menengah di sektor perkebunan.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas berbagai aspek teknis, operasional, dan sosial ekonomi.

Kesiapan lahan, teknologi produksi yang akan digunakan, serta dampak ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat turut menjadi perhatian.

Pengawasan pelaksanaan proyek pabrik ini juga dibahas untuk memastikan proyek berjalan lancar dan memberikan manfaat maksimal bagi warga Kaltim.

Pendirian pabrik minyak goreng skala kecil ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim serta mendorong perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi perkebunan kelapa sawit yang dimiliki. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Satu komentar tentang “Pabrik Minyak Goreng Skala Kecil bakal Dibangun di Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

@media print { .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } } .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } .c-also-read { display: none !important; } .single-post figure.post-image { margin: 30px 0 25px; } #pf-content img.mediumImage, #pf-content figure.mediumImage { display: none !important; }