160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Jeli Menangkap Peluang Usaha di Era Teknologi

Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda 2022 di Balikpapan, Ahad (19/6/2022).
750 x 100 AD PLACEMENT

BALIKPAPAN, newsborneo.id – Kemajuan teknologi tak bisa dimungkiri. Generasi muda di Kalimantan Timur (Kaltim) harus pintar dan jeli memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berwirausaha. Menangkap peluang usaha, wajib mengandalkan teknologi informasi sebagai kunci sukses bagi para pengusaha muda.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Tianur mewakili Gubernur Kaltim, Isran Noor pada Sosialisasi Kewirausahaan Pemuda 2022 di Balikpapan, Ahad (19/6/2022).

“Belum lagi, persaingan dalam pemasaran produk untuk menjaring konsumen,” kata  Agus Tianur.

Agus Tianur menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini dalam upaya membangun spirit kewirausahaan khususnya bagi generasi muda di era transformasi digital Era 4.0 yang berubah begitu cepat dan dulunya tidak ada, tapi sekarang menjadi ada.

750 x 100 AD PLACEMENT

Agus melanjutkan, di tengah kemajuan teknologi, banyak profesi yang sebelumnya menjanjikan, tiba-tiba menghilang karena kalah bersaing. Untuk itu, para pemuda dalam berusaha wajib mengandalkan teknologi.

Menurut Agus, hilangnya profesi-profesi yang dulunya menjanjikan, tak lain karena diambil alih oleh teknologi. Namun demikian, muncul pula berbagai peluang baru bagi kalangan pelaku usaha.

Pesannya, jangan salah, bila pemuda jeli, maka berubahnya ke teknologi, peluang-peluang akan bertumbuh subur.

Bahkan, lanjut Agus, memanfaatkan teknologi maka bisa sukses secara cepat. Hal ini berbanding terbalik dengan sebelumnya, dimana butuh waktu yang lebih lama dan panjang.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Kita bisa mencontoh salah satunya Nadiem Makariem melalui Gojek dan putri asli Balikpapan Utari dengan Arunanya. Semua itu sukses dari memanfaatkan teknologi,” jelasnya.

Pemkot Balikpapan Siapkan Aplikasi Khusus

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan Ratih Kusuma menjelaskan melalui sistem informasi wirausaha muda diharapkan anak-anak muda di Balikpapan tidak lagi sulit dalam memulai karier di bidang wirausaha.

Bahkan, saat ini menyiapkan satu aplikasi wirausaha yang bisa diakses oleh pemuda di Balikpapan. Target selesai tahun ini. Dia menambahkan, layanan dalam aplikasi tersebut akan membantu para pemuda yang ingin berwirausaha untuk mendapatkan informasi terkait promosi, pemasaran dan konsultasi perizinan.

Ratih menambahkan, layanan di aplikasi akan membantu para pemuda yang ingin berwirausaha untuk mendapatkan informasi terkait promosi, pemasaran, dan konsultasi perizinan.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Saat ini aplikasi, masih kami persiapkan sebaik mungkin sambil melakukan koordinasi dengan OPD terkait,” katanya.

Sinkronisasi program wirausaha pemerintah pusat dan daerah harus didukung beberapa fasilitas yang tersedia, seperti pelatihan, pendidikan supporting permodalan, pemasaran, dan pengembangan lebih lanjut.

Salah satu program prioritas Kemenpora adalah berkaitan dengan penumbuhan wirausaha yang memiliki kreativitas untuk masifnya daya saing.

Menjadikan pengembangan kewirausahaan itu menjadi prioritas hingga dituangkan dalam Peraturan Presiden No 2/2022 tentang pengembangan kewirausahaan nasional untuk mengoordinasikan seluruh pihak yang terlibat menjadi satu gerakan yang fokus kepada pengembangan kewirausahaan. (das/re)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

2 komentar tentang “Jeli Menangkap Peluang Usaha di Era Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT