160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Gubernur Kaltim Klaim Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltim

Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan jumlah Sinode atau Badan Pengurus Tertinggi Gereja di Kaltim terbanyak di Indonesia yakni berjumlah 56 Sinode.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.idGubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan jumlah Sinode atau Badan Pengurus Tertinggi Gereja di Kaltim terbanyak di Indonesia yakni berjumlah 56 Sinode.

Isran Noor sangat mengapresiasi jumlah Sinode di Kaltim sangat luar biasa, jauh lebih banyak dari yang ada di provinsi lain di Indonesia.

“Jumlah sinode di Indonesia adalah 96 Sinode, dan 56 sinode tersebut berada di Kaltim,” kata Isran Noor, Kamis (16/3/2023).

Kondisi ini menandakan keberagaman dan toleransi beragama di Kaltim sangat tinggi. Sebab, dari 96 Sinode se-Indonesia, ada 56 di Provinsi Kaltim.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Itu sangat luar biasa. Di Indonesia, Kaltim paling banyak Sinodenya. Wajar, jika ibu kota negara ada di Kaltim. Itu tidak lain, juga berkat doa para warga Sinode,” ucap Gubernur Isran Noor.

Bagi Isran, keberagaman ini diharapkan bisa berdampak pada situasi kondusif daerah, sehingga kehidupan warga Kaltim tak terkecuali umat Kristiani maupun Katolik terpelihara dengan baik.

Penduduk Kaltim Heterogen

Apalagi, sambung Ketua Umum APPS ini, di Kaltim adalah wilayah yang sangat heterogen penduduknya. Yaitu, berbagai suku, budaya dan agama ada.

Meski demikian, kata Isran, masyarakat paling banyak yakni suku Jawa dengan populasi kurang lebih 35 persen jumlah penduduk Kaltim.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Jadi, semua itu adalah keindahan. Semoga Sinode di Kaltim dapat berperan aktif dalam pembangunan daerah,” pesannya.

Gubernur juga mengajak seluruh umat beragama untuk saling menjaga dan jangan merasa benar sendiri. Karena, saat ini keharmonisan, kedamaian dan sosial masyarakat di Kaltim paling tinggi di Indonesia.

“Untuk itu, wajib dipelihara dan dijaga dengan baik,” jelas Isran Noor. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT