160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dispora Kaltim Sebut Pemuda Cintai Budaya Lokal

Rasman saat naik di atas Reog
750 x 100 AD PLACEMENT

PADA acara pembukaan Kecakapan Hidup di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Senin 13 November 2023, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), Rasman, berbagi pengalaman menarik saat diajak naik ke atas Reog Ponorogo oleh grup kesenian lokal. Rasman mengungkapkan bahwa ini adalah pengalaman pertamanya berinteraksi langsung dengan Reog secara menyeluruh.

Menurut Rasman, Reog Ponorogo telah menjadi andalan dalam berbagai acara di Kaltim, meramaikan acara-acara pemerintahan, olahraga, dan hiburan. Kesenian ini sering tampil dalam berbagai agenda, seperti Liga Pemuda Etam dan pembukaan Kecakapan Hidup.

“Reog Ponorogo sering tampil di acara-acara di Kaltim, baik olahraga, musik, atau pemerintahan. Mereka selalu meramaikan acara dengan penampilannya,” ungkapnya.

Rasman menyatakan harapannya bahwa seni budaya lokal seperti Reog Ponorogo harus terus dilestarikan dengan melibatkan generasi muda dan anak-anak sebagai penerusnya. Baginya, ini bukan hanya merupakan warisan budaya, tetapi juga aset yang perlu dijaga dengan baik.

“Seni budaya lokal kita seperti Reog Ponorogo harus dilestarikan dengan melibatkan pemuda dan anak-anak sebagai penerusnya. Ini aset budaya yang harus dijaga,” tegas Rasman.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ia pun mendorong pemerintah daerah dan DPRD untuk memberikan perhatian pada upaya pelestarian seni dan budaya lokal, terutama Reog Ponorogo yang populer di masyarakat Kaltim. Rasman yakin bahwa kesenian ini juga memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan.

“Saya harap pemerintah daerah dan DPRD perhatikan upaya menjaga kesenian lokal seperti Reog Ponorogo ini. Sehingga perlu menjadi perhatian dari pemerintah daerah termasuk dari legislatif,” pungkasnya.

Dengan kolaborasi yang kuat dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya lokal, Rasman yakin bahwa kesenian dan budaya lokal akan terus hidup dan memberikan warna dalam kehidupan masyarakat Kaltim hingga generasi mendatang. Sebagai bagian dari acara Kecakapan Hidup, rencananya akan diadakan pelatihan dalam berbagai bidang di Long Mesangat, mencakup sablon dan desain, peternakan, tata boga, perbengkelan, dan make up artis. (adv)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT