160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Daftar Pemenang Duta Bahasa Penggerak Literasi Kalteng 2022

Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Penggerak Literasi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id, PALANGKARAYA –  Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Penggerak Literasi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022 sudah digelar. 14 duta pun terpilih. Masing-masing 7 orang untuk putra dan putri.

Ke-14 duta terpilih ini melalui proses panjang. Awalnya sebanyak 69 peserta mengikuti seleksi administrasi. Setelah dilakukan seleksi wawancara, terpilih 30 finalis terbaik.

Para finalis yang terdiri atas 15 finalis putra dan 15 finalis putri mengikuti pembekalan intensif selama 4 hari, yaitu  pada 2 Juni hingga 5 Juni 2022. Mulai soal pemahaman dan wawasan kemahiran berbahasa dan bersastra, kemampuan wicara publik, serta kepribadian.

Mereka dibina narasumber yang merupakan tenaga profesional/pakar di bidangnya. Mereka turut hadir pada malam puncak dan menyaksikan terpilihnya Duta Bahasa Terbaik.

750 x 100 AD PLACEMENT

Di puncaknya, finalis ini pun menunjukan kemampuannya di hadapan juri dan penonton. Juri itu antara lain; Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Palangka Raya, Natalina Asi, dan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Siti Nafsiah.

Usai dilakukan penjurian akhir, terpilihlah 7 finalis putra dan 7 finalis putri sebagai terbaik I sampai VI dan Terfavorit Duta Bahasa Penggerak Literasi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022. Berikut para Duta Bahasa terpilih:

  1. Muhammad Ihsan Djajadi Wangsa sebagai Terbaik I Putra
  2. Humaira Lathifah Mawardi sebagai Terbaik I Putri
  3. Resa Muhyiddin sebagai Terbaik II Putra
  4. Loura Natasha Putri sebagai Terbaik II Putri
  5. Saripuddin sebagai Terbaik III Putra
  6. Mega Agustini sebagai Terbaik III Putri
  7. Nupus sebagai Terbaik IV Putra
  8. Rizka Amalia Solichin sebagai Terbaik IV Putri
  9. Nanang Wibowo sebagai Terbaik V Putra
  10. Haryanti sebagai Terbaik V Putri
  11. Ahmad Fauzi sebagai Terbaik VI Putra
  12. Wenny Awalina sebagai Terbaik VI Putri
  13. Yohanes Gloria Oley sebagai Terfavorit Putra
  14. Ilsarizqi Rahmadhanti Anfasa Terfavorit Putri

Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Valentina Lovina Tanate berujar pemilihan ini bertujuan upaya peningkatan peran generasi muda dalam menjaga bahasa dan menggerakkan literasi di Kalimantan Tengah.

Kata dia, Duta Bahasa Kalimantan Tengah adalah salah satu perpanjangan tangan mereka dalam menyebarkan informasi kebahasaan dan kesastraan di Kalimantan Tengah, terutama di kalangan generasi muda saat ini.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Mereka memiliki peran penting dalam hal jaga bahasa dan penggerak literasi di Kalimantan Tengah,” katanya dikutip dari laman Kemendikbudristek, Jumat (10/6/2022). (zi)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT