160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Bandara Sepinggan Layani 8 Ribu Penumpang Tiap Hari selama PPKM Level 2

Bandara SAMS Sepinggan bagikan masker dan hand sanitizer ke penumpang untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional (Dok. Bandara SAMS Sepinggan)
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Dua pekan pelaksanaan PPKM Level 2 jumlah penumpang di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan mengalami lonjakkan signifikan dibanding saat PPKM Level 4. Berdasarkan data PT Angkasa Pura I selaku Pengelola Bandara Sepinggan, sejak 5-17 Oktober 2021, tercatat melayani sebanyak 105.749 penumpang atau dengan rata-rata perharinya 8.135 penumpang.

Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya di periode yang sama, Bandara Sepinggan hanya melayani 76.244 penumpang dengan rata-rata perharinya 5.825, yang berarti terjadi pertumbuhan pergerakan sekitar 39 persen.

Rika K. N. Danakusuma, General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan mengatakan, lonjakkan penumpang yang terjadi saat ini salah satunya disebabkan karena penurunan level PPKM di Kota Minyak.

“Dimana sebelumnya level 4 sekarang sudah berubah menjadi level 2,” ujarnya, Senin (18/10/2021)

750 x 100 AD PLACEMENT

Dia mengatakan, dengan adanya penurunan tersebut tentunya berdampak terhadap persyaratan perjalanan khususnya pada transportasi udara di Balikpapan. Sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 62 dan 70  penerbangan ke Jawa – Bali masih tetap wajib swab PCR serta telah divaksin untuk daerah PPKM Level 1 dan 2.

Namun terjadi sedikit perubahan untuk penerbangan diluar tujuan Wilayah Jawa & Bali atau PPKM level 3 dan 4 yakni dapat menggunakan RT-Antigen dengan catatan sudah divaksinasi dosis kedua untuk tujuan wilayah PPKM level 1 & 2. Sementara untuk mengurai kerumunan, pihaknya menerapkan protokol kesehatan diantaranya dengan menyiapkan layanan yang terintegrasi dengan aplikasi pedulilindungi sehingga memudahkan penumpang.

Saat akan masuk ke bandara kami telah melakukan pemeriksaan suhu tubuh baik secara manual maupun menggunakan thermal scanner. “Serta area yang rawan terjadi kerumunan kami telah pasang tanda untuk menjaga jarak, petugas kami senantiasa memonitoring agar protokol kesehatan sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Dia menambahkan, di Bandara Sepinggan telah tersedia layanan swab PCR yang terletak di mezzanine floor, jam operasional Senin – Jumat pukul 07.30 – 11.00 Wita. Khusus Sabtu, Minggu atau Libur Nasional mulai pukul 07.30 – 10.00 Wita dengan biaya sebesar Rp 525 ribu dan hasilnya akan keluar dalam kurun waktu 1×24 jam dan

750 x 100 AD PLACEMENT

Rapid test antigen jam operasional setiap hari 07.00 – 15.00 Wita  dengan biaya sebesar Rp 100.000 dan hasilnya dapat diambil sekitar 20-30 menit setelah pemeriksaan.

“Jangan takut untuk terbang lagi karena bandara memiliki protokol kesehatan (Prokes) yang baik, ditambah dengan persyaratan dokumen kesehatan untuk memastikan seluruh penumpang bebas dari Covid-19,” pungkasnya. [bas]

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Bandara Sepinggan Layani 8 Ribu Penumpang Tiap Hari selama PPKM Level 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT