160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Pemprov Kaltim bakal Kucurkan Rp 50 Juta Setiap Desa

Ilustrasi.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalokasikan anggaran Rp42,05 miliar untuk memajukan desa baik digunakan mendukung kesehatan, peningkatan sumber daya manusia, peningkatan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya.

“Anggaran senilai Rp42,05 miliar ini masuk dalam APBD Kaltim 2023. Dana ini untuk 841 desa yang tersebar pada tujuh kabupaten, sehingga setiap desa menerima Rp50 juta,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Setprov Kaltim Muhammad Syirajudin diberitakan Antara, Rabu (7/12/2022).

Syirajuddin yang mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kaltim ini melanjutkan, anggaran Rp50 juta per desa ini untuk berbagai keperluan sesuai dengan kebutuhan mendesak desa.

Untuk itu, kegunaan anggaran itu antara lain bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat, membantu mendongkrak indeks desa membangun (IDM), bahkan untuk menurunkan angka stunting di Kaltim yang dinilainya masih tinggi.

Untuk stunting, menjadi perhatian besar pihaknya, sehingga anggaran Rp50 juta per desa yang dititipkan melalui DPMPD Kaltim ini merupakan bagian kecil dari pendampingan yang dilakukan, mengingat instansi lain juga memiliki peran strategis dalam penurunan stunting seperti dinas kesehatan, dinas perlindungan anak dan perempuan, serta instansi lain.

750 x 100 AD PLACEMENT

Apalagi Pemprov Kaltim berupaya bebas stunting pada 2024 untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, sehingga jangan sampai ada anak yang terlahir kurang gizi maupun stunting (cebol), mengingat kondisi fisik yang stunting juga berdampak pada SDM yang rendah.

Saat ini, katanya, prevalensi stunting di Kaltim tercatat sebesar 22,8 persen, meski angka ini di bawah nasional yang sebesar 24,4 persen, namun ia menilai ini masih tinggi sehingga harus diturunkan.

Sementara itu, lanjutnya, pemerintah pusat menargetkan angka stunting nasional dapat ditekan hingga 14 persen pada tahun 2024, sehingga ia berharap semua instansi mulai tingkat provinsi hingga kabupaten/kota harus saling mendukung mewujudkan.

“Dari bantuan Rp50 juta ini tentu bisa membantu instansi lain menurunkan stunting, misalnya melalui posyandu dengan pemberian makanan tambahan untuk balita, ibu hamil dan menyusui, termasuk pendampingan untuk remaja putri dan calon ibu,” kata Syirajudin. (*)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT