Pelaku Pencurian Besi Penutup Drainase di Samarinda Diringkus

SAMARINDA – Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang berhasil menggulung kawanan pelaku pencurian besi penutup saluran air di Jalan Rajawali Dalam, Kota Samarinda.

Para pelaku, yang terdiri dari dua orang bernama AEN dan MR, adalah residivis kasus serupa, sementara satu pelaku lainnya, yang identitasnya sudah diketahui, masih dalam pengejaran.

Kapolsek Sungai Pinang AKP Rachmad Aribowo mengungkapkan bahwa aksi pencurian tersebut melibatkan besi penutup drainase berukuran lima meter. Keberhasilan penangkapan ini berkat rekaman CCTV yang terpasang di sekitar lokasi kejadian.

“Para pelaku saat beraksi menggunakan mobil pikap hijau dengan nomor polisi palsu untuk mengangkut besi penutup drainase,” kata AKP Rachmad dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).

Setelah menerima laporan, tim polisi melakukan penyelidikan dan berhasil melacak mobil Daihatsu Grand Max warna hijau dengan nomor polisi KT 8433 VG, yang sesuai dengan ciri-ciri dalam rekaman CCTV.

Pencarian kemudian mengarah pada penangkapan tersangka MR, yang diketahui sebagai otak pencurian, dan AEN. Satu tersangka lainnya masih buron.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa besi hasil curian telah dijual kepada pengepul besi tua keliling yang menggunakan gerobak.

“Kedua tersangka mengaku mencuri besi penutup parit di wilayah RT 11 Kelurahan Sungai Pinang Dalam dan telah beraksi di beberapa lokasi lain di Samarinda,” tambahnya.

Para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP jo Pasal 64 KUHP tentang pencurian berulang, dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Penangkapan ini menjadi contoh keberhasilan kerja keras Polsek Sungai Pinang dalam memberantas kejahatan pencurian di wilayahnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

@media print { .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } } .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } .c-also-read { display: none !important; } .single-post figure.post-image { margin: 30px 0 25px; } #pf-content img.mediumImage, #pf-content figure.mediumImage { display: none !important; }