160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Kembangkan Potensi Pemuda, Dispora Kaltim Sosialisasi Karang Taruna PPU

750 x 100 AD PLACEMENT

DINAS Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) gelar Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), guna membangkitkan semangat mereka dalam mengembangkan potensi diri.

“Mari kita bangun pemuda Kaltim dengan mengembangkan semua sumber daya yang ada agar lebih maju, kemudian pembinaan Karang Taruna yang lebih baik,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, saat membuka acara itu di Kabupaten PPU, Kamis (9/11).

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan yang bernilai tambah dengan memberdayakan segala potensi yang tersedia.

Pengembangan perlu terus dilakukan agar Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kaltim bisa naik, karena saat ini IPP KaltIm tergolong rendah yang tercatat 52,50. Indeks ini masih di bawah rata-rata IPP Indonesia yang berada di angka 53,33.

Sedangkan secara nasional IPP KaltIm berada di peringkat 17 di seluruh Indonesia, sehingga hal ini harus terus ditingkatkan melalui pemberdayaan pemuda, salah satunya adalah dari Karang Taruna.

Sosialisasi ini, katanya, bertujuan untuk mendiskusikan upaya kolaborasi peningkatan pemberdayaan dan pengembangan kepemudaan di Kalimantan Timur, sehingga diharapkan mampu menjadi motivasi untuk membangkitkan kepedulian generasi muda terhadap berbagai hal.

Kepedulian untuk sejumlah hal tersebut meliputi penanganan masalah kesejahteraan sosial masyarakat, serta sebagai sarana untuk membangun kordinasi dan sinergi antara organisasi pemuda Karang Taruna, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Kaltim.

Hadir dalam sosialisasi ini antara lain Kusnan dari Dinas Sosial Kaltim, Muhlis dari Dinas Sosial PPU, Bambang Agus Parniyanto Pengurus Karang Taruna Nasional, Camat PPU, Ketua dan Sekretaris Karang Taruna PPU dan sejumlah staf Dispora Kaltim.

Ia mengatakan, Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial.

Keberadaan Karang Taruna tentu memiliki peran penting bagi Masyarakat, karena sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka Karang Taruna yang dibentuk oleh dan untuk generasi muda ini mengemban berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial masyarakat. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT