160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dispora Kaltim Dorong Alokasi Anggaran Pembinaan Atlet

750 x 100 AD PLACEMENT

KEPALA Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma, menyoroti fakta bahwa hanya beberapa kabupaten dan kota di Kaltim yang mengalokasikan dana untuk pembinaan atlet usia dini.

Persoalan tersebut telah menjadi perhatian serius Dispora Kaltim. Menurut Agus, seluruh kabupaten dan kota di Kaltim agar dapat menganggarkan sumber daya untuk kegiatan ini, yang menjadi bagian penting dalam upaya pembinaan atlet-atlet muda.

“Prestasi yang diraih oleh atlet usia dini ini akan menjadi modal berharga bagi mereka dalam mengajukan beasiswa dan mendapatkan akses ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Oleh karena itu, mari kita semua memberikan dukungan penuh kepada mereka untuk meraih hal tersebut,” ungkapnya, Senin (13/11/2023).

Agus Hari Kesuma menambahkan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur ingin melihat pembinaan prestasi olahraga dilakukan secara berjenjang. Hal ini bertujuan agar para atlet dapat memberikan kontribusi terbaik mereka saat mewakili Kalimantan Timur dalam berbagai ajang olahraga.

Baginya, harapan ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). “Kalimantan Timur merupakan salah satu dari 10 provinsi di seluruh Indonesia yang termasuk dalam pembinaan DBON,” sambungnya.

Dalam Perpres Nomor 86 tentang DBON, disebutkan bahwa pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota diharapkan mengalokasikan anggaran-anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan target capaian pelaksanaan DBON yang menjadi kewenangan pemerintah daerah. “DBON memiliki lima tahapan utama, yang bertujuan untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat, meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi secara nasional, serta berkontribusi dalam memajukan perekonomian nasional yang berbasis pada olahraga,” tegasnya.

Semua upaya ini menunjukkan komitmen Kalimantan Timur dalam mengembangkan olahraga, terutama dalam mendukung pertumbuhan atlet-atlet muda yang berpotensi besar

Dengan dukungan dari semua pihak, Agus berharap Kalimantan Timur akan terus mencapai prestasi gemilang di berbagai bidang olahraga. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT