160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Sang ‘Putri Tidur’ asal Banjarmasin, Rekor Tidur sampai 13 Hari

Siti Raisa Miranda (16) ‘Putri Tidur’ dari Kota Banjarmasin, kekinian kembali tertidur, selama 4 hari. [Foto: KANALKALIMANTAN.COM]
750 x 100 AD PLACEMENT

BANJARMASIN, newsborneo.id – Tidur pulas hingga empat hari. Begitu kondisi dialami Siti Raisa Miranda alias Echa, gadis 16 tahun, asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bukan kali pertama. Pada 2017 lalu, Echa pernah tidur sampai 13 hari lamanya.

Pada tahun ini, Echa sudah dua kali tertidur pulas dengan durasi lebih lama dibanding orang kebanyakan. Bahkan sempat mendapat perawatan intensif di RS Ansari Saleh, Banjarmasin, karena sempat alami kejang-kejang di tengah lelapnya.

“Bulan Februari juga sempat tertidur selama satu setengah hari,” ujar ayah Echa, Mulyadi, di kediamannya Jalan Pangeran, Kecamatann Banjarmasin Utara, Senin (5/4/2021) petang, dilansir dari Kanalkalimantan.com.

Mulyadi sempat membawa putrinya itu ke rumah sakit. Namun saat diperiksa, dokter mendapati kondisi Siti normal. Tidak terdapat hal mencurigakan atau mengidap penyakit apapun. Semuanya masih normal saja.

750 x 100 AD PLACEMENT

Setelah menjalani perawatan intensif selama 3 hari, akhirnya Echa dizinkan pulang, namun dengan kondisi yang masih tertidur pulas.

Seperti julukan Echa, sindrom putri tidur sebenarnya ada dalam dunia nyata. Penderita sindrom ini dapat tertidur lebih dari 20 jam selama beberapa hari hingga berbulan-bulan.

Dalam dunia medis, sindrom putri tidur disebut dengan Kleine-Levin syndrome (KLS). Ini adalah sebuah kondisi langka yang ditandai dengan hipersomnia atau tidur dalam jangka waktu lama.

Umumnya, KLS menyerang remaja dengan kecenderungan penderita sebanyak 70% dialami kaum pria. Namun tak menutup kemungkinan kondisi ini juga dapat menyerang siapa saja di segala usia.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dikutip dari Alodokter, penyebab sindrom ini belum diketahui secara pasti. Namun, ahli menduga ada gangguan di beberapa bagian otak, tepatnya di hipotalamus dan talamus, pada penderita. Kedua bagian otak tersebut mengatur nafsu makan, pola tidur, dan suhu tubuh.

Faktor keturunan dan penyakit autoimun juga diyakini dapat menyebabkan sindrom putri tidur. Tetapi masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. Selama periode tidur penderita mungkin akan terbangun sesekali untuk ke kamar mandi atau makan, lalu setelahnya ia akan kembali tertidur.

Pada beberapa kasus, gejala kelainan langka ini akan hilang seiring bertambahnya usia. Tetapi dapat muncul kembali di kemudian hari.

Tetapi memang mendiagnosis KLS cukup sulit lantaran gejala utamanya mirip dengan penyakit lain, seperti penyakit saraf dan gangguan kejiwaan. Untuk mendiagnosisnya, biasanya memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. (re/deb)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT