160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Pesona Gunung Embun dan Rencana Berbagai Event Olahraga

750 x 100 AD PLACEMENT

KEINDAHAN alam Gunung Embun di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser begitu memukau Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik.

“Menurut saya ini tempat sangat luar biasa indahnya. Tidak ada yang lebih indah dari ini,” puji Pj Gubernur Akmal Malik saat hadir untuk menikmati keindahan suasana pagi Gunung Embun atau Gunung Boga, Minggu (19/11/2023).

Akmal mengakui Negeri di Atas Awan Gunung Boga sangat indah. Bahkan jauh dari apa yang ia bayangkan sebelum tiba di lokasi.

Spot wisata ini menurut Akmal sangat baik menjadi alternatif mendukung potensi pariwisata daerah penyangga (buffer zone) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dia sangat berharap agar destinasi wisata yang sangat indah, sejuk dan segar itu bisa menjadi unggulan Kabupaten Paser di masa depan.

“Kita harus siapkan juga buffer zone IKN untuk pariwisata. Karena orang nanti pasti juga butuh hiburan. Jangan hanya menyiapkan mal di Balikpapan, tapi wisata rekreasi alam juga harus kita siapkan. Gunung Embun ini salah satu yang paling potensial,” tegas Akmal.

Untuk itu, Akmal menyarankan agar pemerintah daerah membantu menyiapkan fasilitas dan Insfratruktur pelayanan dasar, seperti pemenuhan kebutuhan air bersih, listrik dan lainnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini juga mengingatkan soal pentingnya tetap menjaga kebersihan lingkungan karena itu akan memberi kesan positif bagi para pengunjung.

“Mari kita kelola tempat ini dengan bijaksana. Kelola lah sampah dengan baik untuk kesan yang baik juga,” seru Akmal.

Pejabat yang belum genap dua bulan memimpin Kaltim itu pun memiliki beberapa rencana untuk mengangkat potensi besar destinasi wisata Gunung Embun.

Pertama, dirinya akan bergotong royong bersama masyarakat Desa Luan untuk menanam 1.000 bibit pohon pinus di areal kaki Gunung Embun.

“Pohon pinus ini akan membuat Gunung Embun lebih sejuk, bahkan mengalahkan kawasan puncak di Jawa Barat. Berguna menahan longsor, tapi tidak menggangu view indah dari sini,” harap Akmal.

Selain itu, Akmal juga menyarankan agar segera digelar turnamen paralayang Gubernur Cup, motor cross dan offroad di Gunung Embun. Event-event itu akan sangat membantu promosi Gunung Embun.

Pesan lain Pj Gubernur Akmal Malik agar Bupati Paser Fahmi Fadli segera membentuk komunitas militan anak muda dan masyarakat untuk mengelola destinasi wisata ini agar bisa terus eksis, semakin dikenal dan mendunia.

Akmal juga berjanji akan terus membantu promosi wisata Gunung Embun ke seluruh Indonesia melalui berbagai fasilitas media sosial pribadi maupun Dirjen Otonomi Daerah.

“Saya juga akan bantu lewat berbagai platform media sosial Pemprov Kaltim dan Dirjen Otda. Ada 584 daerah yang akan langsung melihat Gunung Embun ini,” kata Akmal setengah bercanda.

“Kami mengajak masyarakat Indonesia, warga Kaltim untuk datang ke titik ini. Tempat yang luar biasa. Namanya Gunung Embun atau Gunung Boga. Tempat yang tidak kalah indahnya dengan Jawa Barat dan Bali. Karena itu, ayo datang ke Kalimantan Timur, datang ke Paser, mari kita nikmati keindahannya,” tutup Pj Gubernur Akmal Malik.

Bupati Paser Fahmi Fadli sangat berterima kasih karena Pj Gubernur Akmal Malik telah membantu promosi wisata Gunung Embun.

Hadir mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Syirajuddin, Kepala DPMPD Kaltim Anwar Sanusi, Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana, Kepala Bapenda Kaltim Ismiati serta jajaran Forkopimda Paser. Ratusan pengunjung lainnya nampak antusias menikmati hamparan embun di kawasan wisata yang berjarak sekitar 32 km dari pusat Tanah Grogot itu. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT