Kuota Calon Jemaah Haji Bontang 2023 bakal Normal

oleh -21 views
Kuota Calon Jemaah Haji Bontang 2023 bakal Normal
Ilustrasi.

newsborneo.id – Kementerian Agama Bontang mulai melancarkan pendataan jemaah haji yang bakal berangkat, pada 2023, tahun depan. Dari 146 kuota calon jemaah haji (Calhaj), sudah terverifikasi sebanyak 85 persen.

Jumlah kuota itu, sesuai dengan total jemaah haji di masa normal atau tidak dalam masa pandemi. Menurut informasi diterima Kemenag Bontang, pihak Arab Saudi bakal mengembalikan jumlah kuota jemaah haji Indonesia sebanyak  221 ribu orang.

Sementara tahun lalu, saat dibuka perdana setelah mendapat kebijakan pelonggaran di masa pandemi. Kerajaan Arab Saudi, hanya memberikan kuota sebanyak 100.051. Pun kuota Bontang bakal bertambah, sebanyak 86 calhaj.

Atas kebijakan itu, Kemenag Bontang mulai tancap gas untuk mengimbau calhaj Bontang untuk mempersiapkan diri, untuk berangkat ke Arab Saudi, pada 2023 mendatang.

“Calon jemaah haji pada 2023, sudah kami informasikan untuk bersiap-siap,” kata dia.

Keberangkatan jemaah haji, diprediksi bakal lebih cepat sebulan dari tahun ini. Bila tahun ini keberangkatan itu pada Juli, ada kemungkinan keberangkatan akan dimulai pada Juni 2023 mendatang.

“Tahun depan itu, kemungkinan sudah berangkat pada Juni,” ujarnya.

Kabar baik ini, rupanya temui beberapa hambatan. Salah satunya kontak telepon calhaj, antrean keberangkatan mulai 2009 hingga Februari 2012. Ada yang sudah tidak aktif. Sehingga membuat petugas mesti menambahkan kuota calhaj cadangan. Sebanyak 4 orang.

Dia menerangkan, kuota cadangan itu bisa saja tidak jadi berangkat. Bila calhaj yang ganti kontak, sudah aktif kembali atau mengonfirmasi langsung ke Kemenag Bontang. Sehingga 4 orang cadangan itu, bakal diberangkatkan pada tahun berikutnya.

“Tidak menggugurkan antrean. Makanya, dengan informasi ini kami berharap calhaj dapat segera mengaktifkan kembali kontaknya dan bisa ke kami langsung untuk laporan,” beber dia.

Lukman meminta kepada calhaj Bontang, bila merasa sudah menabung haji sejak 2009 hingga 2012 agar dapat pro-aktif berkunjung ke petugas di Kemenag Bontang, di Bontang Kuala (samping Disdamkartan Bontang).

“Nanti bila sudah bersilaturahim dengan kami dan update kontak sudah ada, maka kami siap untuk aktif berikan informasi kepada calon jamaah haji,” kata dia. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.