160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Berapa Tahun Membangun Ibu Kota RI?

Desain Nagara Nusa Rimba karya Urban+ memenangkan sayembara konsep kawasan ibu kota negara (IKN) baru Indonesia.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) dinilai butuh waktu yang lama. Bahkan, pembangunan ibu kota baru membutuhkan waktu ratusan tahun.

Menurut Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Real Estate Indonesia, Soelaeman Soemawinata pembangunan ibu kota baru tak hanya akan selesai dalam proses pemindahan saja. Pembangunan akan berlanjut hingga ratusan tahun dan melewati beberapa periode kepemimpinan kepala negara.

“IKN ini menjadi pengembangan cukup besar, ini akan berlanjut tidak hanya 1 atau 2 hingga 10 tahun. Tetapi ratusan tahun, akan melewati beberapa periode kepemimpinan nasional. Bisa jadi puluhan periode kepemimpinan,” ujarnya, dalam acara IAP Talks bertajuk ‘Kota Baru IKN: Menakar Risiko Pembangunan?’ secara virtual, belum lama ini.

Dia pun berharap pembangunan ibu kota baru ini bisa dibangun dan dikembangkan secara konsisten. Soelaeman ingin Indonesia berkaca dengan pembangunan tembok China yang dilakukan berabad-abad secara konsisten.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Bahwa kita harus mencontoh bagaimana tembok China itu dibangun. Semua kekaisaran itu terus berlanjut untuk membangun itu,” katanya.

Dia juga mengatakan dalam pembangunan ibu kota baru ini pemerintah harus memberikan kejelasan terkait konsep dan fungsinya.

“IKN harus jelas di ujung akhirnya seperti apa, semuanya harus clear. Apakah akan memindahkan Jakarta ke Kalimantan dengan pemerintahan dan fungsi-fungsi ekonominya atau IKN ini hanya diperuntukan untuk pusat pemerintahan saja. Tentu itu akan sangat berbeda” ungkapnya.

Kejelasan itu, lanjut Soelaeman bisa dituangkan lewat Undang-undang. Hal itu bertujuan agar masyarakat bisa memiliki gambaran terhadap pengembangan IKN ini.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Regulasi ini itu sangat penting dalam rencana IKN. Sekarang ini kan regulasinya nggak jelas UU belum ada,” tegasnya.

Meski rencana ini disebut belum jelas, Dia percaya jika Jakarta akan berpindah ke Kalimantan dalam 50 tahun lagi bisa menjadi pusat bisnis yang besar. Dia juga percaya Indonesia menjadi satu-satunya negara yang masih akan bisa berkembang pesat dibandingkan negara-negara lain.

“Indonesia akan menjadi dahsyat, tidak ada lagi adalah negara yang berpotensi yang akan terus berkembang jika kita bandingkan dengan negara-negara tetangga,” pungkasnya. [dk]

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT