160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Penuhi Kebutuhan Air di IKN Nusantara, Bendungan Sepaku Semoi Mulai Diisi

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia.
750 x 100 AD PLACEMENT

BALIKPAPAN – Bendungan Sepaku Semoi yang dibangun untuk melayani kebutuhan air baku Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur mulai diisi hari ini.

Waduk ini merupakan bagian dari Bendungan Sepaku Semoi yang terletak di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bob Arthur Lombogia menyatakan bendungan ini sudah mencapai 97 persen untuk progres konstruksi.

“Namun saat ini masih membutuhkan pekerjaan-pekerjaan finishing. Diharapkan selesai pada Desember 2023,” ujarnya kepada awak media, belum lama ini.

Selain itu, Bob menegaskan bendungan ini juga berfungsi untuk mencegah banjir, karena mengendalikan aliran Sungai Tengin yang memiliki catchment area.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dia mengungkapkan bahwa proses pengisian waduk akan memakan waktu sekira tiga bulan untuk mencapai elevasi normal.

Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang rendah di wilayah tersebut, sehingga debit air Sungai Tengin masih sekitar 100 liter per detik.

“Kami berharap waduk ini dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal penyediaan air baku untuk IKN Nusantara,” terang Bob.

Selain itu, dia menyebutkan Kementerian PUPR juga melakukan pekerjaan pengendalian banjir di sekitar Sungai Tengin. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir yang kerap terjadi di musim hujan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sebagai informasi, Bendungan Sepaku Semoi menjadi salah satu proyek strategis nasional yang tidak hanya berdampak positif bagi pembangunan IKN, tetapi juga bagi kesejahteraan masyarakat setempat. (*)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT