Tahun Depan, Paskibraka Bukan Lagi Wewenang Dispopar Bontang

oleh -13 views
Tahun Depan, Paskibraka Bukan Lagi Wewenang Dispopar Bontang
Kepala Dispopar Bontang Ahmad Aznem.

newsborneo.id – Tahun ini merupakan masa terakhir Dinas Pemuda dan Olahraga atau Dispopar Bontang mengurusi kebutuhan pembinaan dan seleksi masuk Paskibraka alias Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Hal ini ditegaskan dalam Perpres 51/2022 tentang Paskibraka. Mengalihkan penanganan Paskibraka secara nasional berada di tangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila alias BPIP. Sementara di daerah bakal berada dibawah penanganan Kesbangpol.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dispopar Bontang Ahmad Aznem. Dia bilang, mulai tahun depan aturan tersebut sudah berlaku. Sehingga Dispopar tidak lagi mengepalai seleksi Paskibra Bontang. Baik untuk tingkat daerah maupun nasional.

“Iya betul. Ini tahun terakhir kami bina ade-ade Paskibraka,” kata Aznem kepada pranala.co, Selasa (22/11/2022).

Namun secara hierarki struktur bidang Dispopar Bontang, tidak mengalami perubahan berarti. Pasalnya, banyak kegiatan pemuda yang lain berada di bawah binaan Dispopar Bontang.

Adapun kegiatan pemuda yang ia maksud, meliputi pencarian pemuda prestasi dan pelopor. Pembinaan dan pengembangan organisasi kepemudaan, hingga pengembangan dan kepanduan pramuka.

“Jadi tetap saja ada bidang-bidang itu. Karena memang sektor pemuda ini luas dan beragam kegiatannya,” ujar dia.

Program tersebut baru yang berasal dari kepemimpinan dinas di era sebelumnya. Pada tahun ini, muncul lagi beberapa kegiatan baru di bidang pemuda. Mulai dari Bimbingan dan Latihan Masuk TNI, hingga teranyar Youth Summer Camp.

“Jadi pengurangan kegiatan itu memang tidak mengubah struktur di Dispopar. Tapi bila kami dibutuhkan dalam koordinasi pembinaan Paskib. Kami siap aja,” ujar dia. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.