Judo Bontang Panen Medali di Hari Perdana

oleh -40 views
Judo Bontang Panen Medali di Hari Perdana

newsborneo.id – Pundi-pundi medali kembali ditingkatkan oleh Kontingen Bontang. Pada gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim di Berau. Dari cabang olahraga judo, Kota Taman—sebutan lain Kota Bontang berhasil memperoleh 19 medali di hari perdana pertandingan. Rinciannya empat emas, satu perak, dan 14 perunggu.

Ketua Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Bontang, Lugito Budi menerangkan dua emas berasal dari  adik-kakak yakni Rina dan Erika Singgi. Rina turun di kelas 45 kilogram putri. Sedangkan Erika berlaga di nomor 48 kilogram putri. Ia mengakui talenta yang dimiliki mereka sangat luar biasa. Padahal untuk nomor berat badan kecil diikuti oleh banyak peserta.

“Ini tiga kali Porprov berturut-turut adik-kakak ini mempersembahkan emas. Dari Porprov 2014 di Samarinda, 2018 di Kutim, dan 2022 di Berau,” terang Lugito.

Satu emas berikutnya disumbang oleh Seni Rante Pabenta. Ia turun di nomor 78 kilogram putri. Sisanya milik Yosua Tampang Tammu dari kelas 51 kilogram putra. Satu-satunya perak diperoleh di kelas seni Goshin Jitsu No Kata.

Capaian ini menempatkan Bontang di urutan ketiga. Di bawah Kukar dengan raihan sembilan emas, 10 perak, dan 11 perunggu. Sebagai pemuncak klasemen sementara. Disusul Balikpapan dengan tujuh emas, empat perak, dan lima perunggu.

“Dari segi kualitas Kukar memang hebat. Mereka mengeluarkan atlet unggulan,” sebutnya.

Sejatinya target yang dipatok Koni untuk cabor judo sudah terpenuhi. Sebab mereka memprediksi empat medali emas. Namun peluang medali bertambah masih berpotensi. Sebab dua hari ini ada beberapa nomor yang dipertandingkan. Mulai dari beregu putra, beregu, putri, beregu campuran, dan kelas bebas.

“Jika mengacu Porprov di Kutim nomor beregu putri ini bisa memperoleh emas,” ucap dia.

Sementara untuk kelas bebas potensi sangat kecil sebab kelas tanding yang dipertandingkan dibagi dua. Kemudian diambil juara satu, dua, dan tiga untuk ditarungkan kembali. Artinya 57 kilogram ke bawah dari juara setiap kelas akan bertemu. Pun demikian nomor 57 kilogram ke atas.

“Secara kekuatan berat badan itu mempengaruhi. Tetapi apabila ada momentum karena kesalahan teknik maka apapun bisa terjadi,” urainya.

Cabor judo ini hanya diikuti oleh tujuh daerah. Selain Bontang ada Kukar, Balikpapan, Samarinda, Berau, Kutim, dan Paser. Bontang pun mengirimkan 27 atlet judo. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.