Ekonomi di Kalimantan Timur, Didominasi Pertanian hingga Pertambangan

oleh -5 views
Ekonomi di Kalimantan Timur, Didominasi Pertanian hingga Pertambangan
Ilustrasi sawah.

newsborneo.id – Kegiatan Ekonomi di Kalimantan Timur (Kaltim) cukup beragam. Mata pencaharian sebagian besar warganya pada sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Adapun kegiatan ekonomi merupakan sebuah aktivitas untuk memenuhi kebutuhan yang dilakukan oleh manusia. Jenisnya bermacam-macam, seperti produksi, distribusi, hingga konsumsi.

Kegiatan ekonomi biasanya meliputi produksi untuk menghasilkan suatu barang atau jasa, distribusi atau penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, serta konsumsi untuk memenuhi kebutuhan.

Kegiatan Ekonomi di Kalimantan Timur Berdasarkan data BPS 2019, kegiatan ekonomi di Kalimantan Timur didominasi oleh pertanian.

Hal ini sesuai dengan data penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja menurut lapangan usaha kategori Provinsi Kalimantan Timur.

Selain itu, kegiatan ekonomi masyarakat juga disumbang sektor kehutanan. Tak sedikit produk dari sektor kehutanan yang diproduksi hingga dikonsumsi oleh masyarakat Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, tiga sektor terbesar penyerap tenaga kerja terbanyak di Kalimantan Timur yaitu perikanan. Masyarakat Kaltim juga banyak yang berprofesi sebagai nelayan untuk memenuhi kehidupan.

Ketiga sektor itu menjadi yang paling banyak menyerap tenaga kerja di Kalimantan Timur. Sehingga mendorong kegiatan ekonomi di Kalimantan Timur.

Berdasarkan catatan BPS, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pada 2019 menyerap sedikitnya 363.867 tenaga kerja.

Jumlah itu mencakup sekira 20 persen dari total tenaga kerja di Kalimantan Timur saat itu yang mencapai 1.773.371 orang. Tak hanya itu, sektor pertambangan dan penggalian juga menjadi penyumbang terbesar kedua terhadap kegiatan ekonomi di Kalimantan Timur.

Kedua sektor ini menyerap tenaga kerja hingga 140.795 orang, atau sekitar 7,94 persen dari total 1.773.371 tenaga kerja di Kalimantan Timur.

Sehingga, kegiatan ekonomi di Kalimantan Timur paling banyak disumbang dengan bercocok tanam, produksi mebel, melaut, hingga pertambangan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.