Menuju IKN Nusantara Bisa Pakai Bus Damri, Berikut Jadwal dan Tarifnya

oleh -27 views
Menuju IKN Nusantara Bisa Pakai Bus Damri, Berikut Jadwal dan Tarifnya

newsborneo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Provinsi Kaltim dan Kaltara membuka rute Balikpapan-IKN mulai Selasa (1/11/2022).

Kepala BPTD Wilayah XVII Kaltim dan Kaltara Muiz Thohir berujar penyediaan armada bus Damri yang beroperasi sejak hari ini memudahkan menuju IKN Nusantara maupun sebaliknya.

Muiz menyampaikan Perum Damri akan menyiapkan 15 bus untuk tahapan awal yang masing-masingnya berkapasitas 25 tempat duduk.

Setiap hari, bus-bus tersebut akan melayani rute Balikpapan-Sepaku dan sebaliknya mulai pukul 06.00 WITA dan berangkat setiap satu jam. Sambil berjalan, lanjut Muiz, jadwal tersebut akan dievaluasi agar waktu keberangkatannya lebih maksimal.

“Pemberangkatan pertama jam enam pagi dan terakhir jam lima sore,” kata Muiz Thohir melalui keterangan yang diterima, Selasa (1/11/2022).

Dari Balikpapan, bus Damri akan menuju IKN melalui Pelabuhan Semayang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Terminal Batu Ampar, Jalan Tol KM13-Sepaku (IKN Nusantara).

Mengenai tarif, Muiz menyebut penumpang cukup membayar Rp 43 ribu untuk sekali jalan. Tarif tersebut berlaku flat dan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan.

Tahap awal, Kemenhub memberikan subsidi hingga Rp 3,1 miliar untuk operasional bus hingga 31 November nanti. Muiz mengatakan tahun depan program ini kembali diajukan ke pemerintah agar bisa terus berjalan.

Hanya saja, lanjut Muiz, kelanjutan program angkutan ke IKN Nusantara tergantung tingkat keterisian tempat duduk. Jika penumpang minimal mencapai 30 persen setiap keberangkatan, kemungkinan besar program ini akan berlanjut.

“Jika animo masyarakat melebihi target, ada peluang layanan ini tidak lagi disubsidi pemerintah,” ujarnya mengutip pranala.co.

General Manager Perum Damri Cabang Samarinda Elpohan menambahkan untuk pembelian tiket dapat dilakukan melalui simpul-simpul layanan yang sudah disiapkan.

Mulai dari Pelabuhan Semayang, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Terminal Batu Ampar maupun di Sepaku. Pihak Damri juga sedang menyiapkan layanan pembelian tiket melalui Traveloka maupun Damri App. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.