Survei Charta Politika: Andi Harun Dipilih Warga jadi Gubernur Kaltim pada Pilkada 2024

oleh -10 views
Survei Charta Politika: Andi Harun Dipilih Warga jadi Gubernur Kaltim pada Pilkada 2024
Wali Kota Samarinda Andi Harun

newsborneo.id – Lembaga survei Charta Politika Indonesia, merilis hasil survei elektabilitas sembilan tokoh tanah Borneo, dalam perhelatan Pilgub Kaltim 2024.

Untuk survei Charta Politika itu, responden mendapat pertanyaan, “Seandainya pemilihan Gubernur Kaltim dilaksanakan hari ini siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dari nama-nama di bawah ini?”

Dari pertanyaan itu, Andi Harun, saat ini menjabat sebagai Wali Kota Samarinda menjadi pilihan tertinggi responden dengan 30,3 persen pada pertanyaan semi terbuka calon gubernur.

Kemudian untuk posisi kedua, ada nama Gubernur Kaltim Isran Noor, dengan raihan 18,9 persen. Berlanjut, yakni Hadi Mulyadi dengan 13,1 persen.

Setelahnya, ada nama  eks Wali Kota Balikpapan dua periode Rizal Effendi 7,8 persen,  Anggota DPR-RI Rudi Mas’ud 7,6 persen, Fahmi Fadli Bupati Paser 2,4 persen, Walikota Bontang Basri Rase 2,4 persen, Ardiansyah Sulaiman Bupati Kutai Timur 1,1 persen, dan Safaruddin Anggota DPR RI dengan raihan 0,9 persen.

Sebanyak 0,8 persen memilih lainnya dan 14,9 persen menjawab tidak tahu atau tidak memberikan jawaban sama sekali. Survei dilaksanakan dalam periode 28 September 2022 – 4 Oktober 2022.

Survei dilakukan dengan metode wawancara tatap muka (face to face interview) dan metode sampling (multistage random sampling). Jumlah sampel 800 dengan margin of error 3,46 persen.

Adapun kriteria responden minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Wilayah survei meliputi seluruh kelurahan/desa di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Lebih lanjut, survei dirilis juga berkaitan dengan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin. Hasilnya tergolong rendah, berada di bawah angka 60 persen. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.