Hari Ini dan Besok, Enam Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Petir

oleh -4 views
Hari Ini dan Besok, Enam Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Lebat Disertai Petir
Ilustrasi.

newsborneo.id – Sebanyak enam daerah kabupaten dan kota di Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada hari ini, Selasa dan Rabu (25-26/10/2022).

Enam daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut adalah Kota Bontang, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Kabupaten Mahakam Ulu.

“Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai hal seperti banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Senin.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Ia mengatakan, selain enam daerah itu, untuk lima kabupaten/kota lainnya diprakirakan cerah, berawan, hingga hujan ringan. Dijelaskannya, di Kabupaten Berau pada Selasa sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Batu Putih, Biduk-Biduk, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah dan Teluk Bayur.

Kemudian pada Rabu dini hari hingga pagi, hujan ringan merata terjadi di Kabupaten Berau dengan suhu antara 22-30 derajat Celsius, kecepatan angin antara 10-20 km per jam, dan kelembapan udara 70-100 persen.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Selasa sekitar pukul 17.00-20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sendawar, Long Iram, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn dan Kecamatan Tering.

Kabupaten Kutai Kartanegara, pada Selasa sekitar pukul 17.00, 20.00 dan 23.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong, Tabang, Loa Kulu dan Tenggarong Seberang. Seluruh Kota Bontang hujan sekitar pukul 20.00 Wita.

Kabupaten Kutai Timur pada Selasa sore hingga malam, hujan lebat hingga petir berpotensi terjadi di Kecamatan Batu Ampar, Karangan, Muara Wahau, Sandaran, Sangkulirang, Bengalon, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Telen, dan Teluk Pandan.

“Di Kabupaten Mahakam Ulu pada Selasa sekitar pukul 17.00 dan 20..00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Laham dan Long Hubung,” ujarnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.