Bus Idamanku Dioperasikan, Tarif Samarinda-Tabang hanya Rp100 Ribu per Penumpang

oleh -14 views
Bus Idamanku Dioperasikan, Tarif Samarinda-Tabang hanya Rp100 Ribu per Penumpang
Peluncuran Bus Idamanku yang melayani rute Samarinda-Tabang. (foto: humas kukar)

newsborneo.id – Tarif angkutan umum dari Kota Samarinda menuju Kecamatan Tabang kini semakin terjangkau dengan kehadiran Bus Idamanku.

Sewa armada perintis yang diluncurkan Pemkab Kutai Kartanegara ke wilayah hulu Sungai Mahakam itu hanya Rp100.000 per penumpang.

Tarif tersebut jauh lebih murah dibandingkan menggunakan angkutan travel yang mencapai Rp350.000 per orang. Armada yang mulai beroperasi Sabtu (22/10/2022) itu melayani rute Tabang-Kembang Janggut-Tenggarong sampai Samarinda, pulang pergi.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, kehadiran armada tersebut diharapkan mempermudah angkutan sekaligus memberikan alternatif bagi masyarakat yang bermukim di wilayah kecamatan terjauh.

“Kebijakan ini tidak ada maksud untuk mematikan usaha penyedia jasa angkutan yang selama ini sudah berjalan. Tetapi apa yang dilakukan ini merupakan tugas dan kewajiban pemerintah untuk hadir menyediakan sarana angkutan yang terjangkau,” ujarnya dikutip dari laman Pemkab Kukar, Minggu (23/10/2022).

Kedepan, lanjut Edi, bukan tidak mungkin Pemkab akan menggandeng pihak swasta untuk menyediakan angkutan untuk daerah-daerah yang belum terjangkau. Karena itu, dia berharap moda transortasi Bus Idamanku tersebut dapat berjalan dan direalisasikan dengan baik dan terus melakukan perubahan berkaitan dengan mindset atau pola pikir dan budaya kerja.

Kepala Dinas Perhubungan Kukar Ahmad Junaidi mengatakan inovasi tersebut merupakan bentuk kehadiran pemerintah di tengah masyarakat. Menurutnya, Bus Idamanku menjadi jawaban dari keinginan masyarakat di wilayah terjauh Kukar untuk mendapatkan angkutan yang terjangkau.

Alasannya, selama ini, khusus warga Tabang harus merogoh kocek hingga Rp350.000 untuk bisa sampai ke Kota Samarinda. Untuk tahap pertama, uji coba dilakukan sampai di Gunung Sari Kecamatan Tabang.

“Ini menjadi angkutan murah bagi masyarakat karena tarifnya hanya Rp100.000 per orang. Kalau pakai angkutan swasta, dari hasil survei bisa mencapai Rp350.000 per orang untuk tujuan Samarinda,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.