Hetifah: Kaltim Siap jadi Wadah Seni Budaya Nasional

oleh -5 views
Hetifah: Kaltim Siap jadi Wadah Seni Budaya Nasional
Hetifah Sjaifudian Wakil Rakyat dapil Kaltim

newsborneo.id – Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih menjadi tuan rumah Temu Karya Taman Budaya (TKTB) se-Indonesia Tahun 2022. Agenda tahunan bertajuk “Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri, Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku” ini, akan digelar pada 19 sampai 23 September 2022.

Pada pembukaan, acara tersebut dihadiri perwakilan 32 provinsi dengan 18 spot pameran dan 51 karya. Turut hadir dalam acara TKTB, Hetifah Sjaifudian Wakil Rakyat dapil Kaltim sampaikan apresiasinya.

“Apresiasi kepada para pihak penyelenggara, utamanya Pemprov Kaltim yang telah memastikan kelancaran dan kemeriahan acara. Penyelenggaraan dan tema tahun ini menjadi special, mengingat tahun lalu acara diadakan secara daring dan dampak Covid-19 pada sektor seni dan kebudayaan kita,” urai Hetifah.

Lebih lanjut, politisi Golkar ini juga memaknai lebih jauh pelaksanaan TKTB di Kaltim. Penunjukkan Kaltim sebagai tuan rumah TKTB juga bermakna lebih luas, mengingat Kaltim telah ditunjuk sebagai IKN Indonesia.

Dia memprediksi bahwa 1,9 juta orang akan menjadi warga IKN pada 2045. Pertukaran budaya, lanjut Hetifah akan terjadi secara masif. Pelaksanaan TKTB di Kaltim sebagai simbol bahwa Kaltim siap menjadi wadah seni budaya nasional.

Hetifah juga menyoroti ancaman tergerusnya budaya asli Kaltim. Beberapa bahasa dan seni budaya Kaltim terancam punah karena kelangkaan bahan baku, penutur, dan pengrajinnya.

“Oleh karena itu, TKTB juga menjadi pengingat seni, budaya, serta bahasa asli Kaltim harus terus direvitalisasi agar tidak menghilang. Jangan sampai tergerus kebudayaan baru,” sambung Hetifah.

Hetifah menegaskan pentingnya peningkatan kesejahteraan pelaku budaya nasional. Ke depannya, dia juga berharap agar pemajuan kebudayaan juga dapat memberi dampak positif pada sisi ekonomi pelaku budayanya.

“Jadi bukan budayanya saja yang lestari, namun masyarakat pelakunya juga sejahtera,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.