Cuma Bermodal KTP, Berikut Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id

oleh -6 views
Cuma Bermodal KTP, Berikut Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id
Cara Cek Penerima BLT BBM Rp600 Ribu di cekbansos.kemensos.go.id

newsborneo.id – Simak panduan cara cek penerima BLT alias bantuan langsung tunai BBM September 2022 yang cair hingga Rp 600 ribu kepada masyarakat.

Cara cek penerima BLT BBM ini cukup pakai data KTP saja tidak butuh berkas lain dan lakukan pengecekan di situs resmi dari Kemensos.

Situs cek penerima bantuan BLT BBM Rp 600 ribu ini telah disediakan Kementerian Sosial (Kemensos) di alamat cekbansos.kemensos.go.id.

Perlu diketahui mulai 1 September 2022 pemerintah melalui Kemensos menghadirkan bansos baru yaitu BLT BBM hingga Rp 600 ribu untuk 20,65 juta penerima.

Hadirnya bansos ini dilatarbelakangi kondisi global yang terus mengalami peningkatan harga. BLT BBM hadir untuk melindungi daya beli masyarakat prasejahtera.

Dengan adanya BLT BBM ini, diharapkan dapat meringkankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian. Pasalnya, bantuan ini akan hadir hingga waktu 4 bulan kedepan dimulai dari 1 September 2022 ini. Jadi, sampai Desember 2022 mendatang masyarakat dapat menikmati BLT BBM ini.

Berdasarkan pada infografik Instagram @kemensosri terkait nominal BLT BBM, indeks bantuan ini adalah Rp 150 per bulan. Sehingga total bantuan BLT BBM selama 4 bulan adalah Rp 600 ribu. Lalu skema pemerintah dalam menyalurkan BLT BBM ini akan melalui 2 tahap.

Tahap pertama dilakukan pada September hingga Oktober 2022 dengan nominal bantuan BLT BBM Rp 300 ribu. Kemudian tahap kedua di bulan November hingga Desember 2022 menyusul Rp 300 ribu sisanya yang diberikan kepada penerima.

Secara total keseluruhan penerima bantuan BLT BBM adalah 20,65 juta penerima yang bisa dicek melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Nah berikut panduan cara cek penerima BLT BBM Rp 600 ribu yang cair September 2022 di situs cekansos.kemensos.go.id:

1. Siapkan KTP

2. Menggunakan perangkat HP atau PC yang terhubung internet buka Google

3. Masukkan alamat cekbansos.kemensos.go.id atau KLIK DI SINI langsung

4. Ikuti petunjuk pencairan dengan memasukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, hingga Desa pada setiap kolom

5. Masukkan nama sesuai nama KTP

6. Masukkan kode unik yang tertera

7. Klik Cari Data

Sistem pencarian Cek Bansos Kemensos akan mencari nama peserta manfaat yang dimasukkan sesuai wilayah yang telah diinputkan. Apabila nama KTP tidak terdaftar informasi penyaluran BLT BBM Rp 600 ribu tidak dapat ditemukan. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.