Sederet Fakta Jan Dara, Film Erotis Thailand Tuai Kontroversi

oleh -9 views
Sederet Fakta Jan Dara, Film Erotis Thailand Tuai Kontroversi
Sederet Fakta Jan Dara, Film Erotis Thailand Tuai Kontroversi

newsborneo.id – Jan Dara merupakan film erotis Thailand yang selalu memicu kontroversi dalam setiap versi penayangannya, mulai dari versi 2001 yang dibintangi Christy Chung hingga versi 2012 dan 2013 yang dibintangi Mario Maurer.

Kontroversi tak jauh-jauh seputar aturan sensor dan adegan seks yang ditampilkan dalam film hasil adaptasi novel tersebut. Berikut fakta-fakta seputar film Jan Dara yang kerap picu kontroversi.

Hasil Adaptasi Novel

Jan Dara merupakan hasil adaptasi novel bertajuk serupa karya Usana Ploengtham yang terbit pada 1964. Buku itu mengambil latar 1950-an dan mengisahkan kondisi rumah tangga bangsawan yang dipimpin Wisnan.

Wisnan sangat membenci anak laki-lakinya yang diberi nama Jan Dara. Dalam pertumbuhannya, Jan terseret dalam pusaran seksual yang begitu kuat di rumahnya, terutama ketika mantan kekasih ayahnya masuk ke rumah itu.

Berulang Kali Diadaptasi

Seperti diberitakan Bangkok Post, novel Jan Dara sudah tiga kali diadaptasi menjadi film, yakni Chan Dara pada 1977 yang diarahkan Rat Setthaphakdi.

Adaptasi kedua yakni Jan Dara yang tayang pada 2001, hasil arahan sutradara Nonzee Nimibutr dan dibintangi Suwinit Panjamawat dan aktris Hong Kong Christy Chung. Film ini sepenuhnya didanai perusahaan Hong Kong Applause Pictures.

Adaptasi ketiga adalah yang dibintangi Mario Maurer. Kisah Jan Dara kala itu dibagi menjadi dua, yakni Jan Dara the Beginning (2012) dan Jan Dara: The Finale (2013).

Kontroversi Sensor

Tak begitu banyak mengenai kontroversi seputar adaptasi pertama Chan Dara (1977). Namun, permasalah seputar sensor sudah terdengar sejak hasil adaptasi kedua (2001) siap tayang.

Seperti diberitakan Screen Daily, film hasil arahan sutradara Nonzee Nimibutr tidak seeksplisit yang digambarkan dalam novel.

Adegan seks dalam Jan Dara kala itu dinilai seperti menguji batas sensor dalam Undang-Undang Film 1930.

Terlebih lagi, seperti diberitakan Variety, pemotongan adegan seks akibat sensor membuat film tersebut sempat tunda tayang di Thailand pada 2001. Permasalahan serupa sempat terjadi jelang Jan Dara the Beginning tayang di bioskop Thailand.

No More Posts Available.

No more pages to load.