Perputaran Uang di Kaltim Expo 2022 Capai Rp 3,5 Miliar

oleh -2 views
Perputaran Uang di Kaltim Expo 2022 Capai Rp 3,5 Miliar
Kaltim Kaltim Expo 2022 sudah berjalan selama 5 (lima) hari berlangsung di Atrium Big Mall mulai dari 24-28 Agustus 2022

newsborneo.id – Kaltim  Expo 2022 sudah berjalan selama 5 (lima) hari berlangsung di Atrium Big Mall mulai dari 24-28 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan rangkaian kemeriahan peringatan HUT ke-77 RI di Kalimantan Timur (Kaltim). Berdasar perhitungan pihak penyelenggara jumlah transaksi selama pameran mencapai Rp 3,5 miliar. Nilai ini diperoleh dari transaksi yang terjadi di UMKM, properti, otomotif, kuliner.

“Transaksi yang paling besar adalah pada sektor otomotif senilai Rp 2,1 M, Properti Rp 1,2 M, Bapenda Rp 150 juta, dan UMKM 100 juta,” jelas Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto saat membacakan laporan pada penutupan Kaltim Expo 2022 di Big Mall, Minggu (28/8/2022).

Kaltim Expo merupakan suatu wadah pameran yang menampilkan informasi produk unggulan hasil binaan OPD Provinsi/Kabupaten/Kota, produk hasil olahan UKM, produk barang dalam negeri, jasa perbankan/keuangan.

Termasuk beberapa potensi dan peluang investasi di bidang infrastruktur, energi, industri dan jasa serta dipamerkan juga hasil pembangunan yang merupakan kinerja sektoral Perangkat Daerah (PD) terkait.

“Pelaksanaan Kaltim Expo 2022 pihak penyelenggara mengadakan lomba stan-stan terbaik, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memicu para peserta pameran meningkatkan inovasi, kreativitas, pelayanan ke masyarakat serta daya saing dalam menampilkan visualisasi hasil kinerja OPD masing masing,” tambahnya.

Puguh juga melaporkan kegiatan investasi yang berjalan di Kaltim bahwa target realisasi investasi tahun 2022 ditetapkan pencapaiannya sebesar Rp 54 triliun.

Pada Triwulan II (April-Juni) tahun 2022 ini, tercatat realisasi investasi mencapai angka Rp 12,1 triliun, dengan rincian realisasi PMDN sebesar Rp 8,83 triliun (917 proyek) dan realisasi PMA sebesar US$ 227,5 juta atau sebesar Rp 3,26 triliun (173 proyek).

Sementara, untuk pencapaian realisasi investasi pada Triwulan II tahun 2022 sebesar Rp 12,1 triliun dibandingkan Triwulan I tahun 2021 sebesar Rp 8,56 triliun mengalami peningkatan 29,26 persen.

“Sedangkan jika dibandingkan dengan target realisasi investasi tahun ini yang sebesar Rp 54 triliun maka baru mencapai 50,10 persen,” ujar Puguh di hadapan Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Sementara, Gubernur Kaltim Isran Noor meminta penyelenggara (DPMPTSP Kaltim) pada tahun selanjutnya dapat dilaksanakan kembali dengan mengundang peserta dari provinsi lain di Indonesia.

AlhamdulillahKaltim Expo berlangsung lancar dan sukses. Bahkan, transaksi dari stan yang dibuka juga meningkat. Saya minta tahun depan juga diundang peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,” ucap Isran Noor.

Menurut Isran pelaksanaan seperti ini wajib dilanjutkan di tahun-tahun depan. Sebab, Isran merasa bangga, momentum event seperti ini mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha.

“Makanya, saya minta tahun depan Expo diikuti seluruh peserta dari kabupaten se Kaltim dan juga seluruh Indonesia. Karena, mereka sering mengundang dan kita selalu hadir. Jadi, tahun depan saya minta dilanjutkan, tapi mengundang peserta dari luar Kaltim,” pintanya. (ADS)

No More Posts Available.

No more pages to load.