BI Luncurkan Uang Baru 2022, Gubernur Kaltim jadi Orang Pertama yang Terima

oleh -22 views
Uang baru 2022 yang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi spesial karena nomor serinya sesuai dengan tahun lahir orang nomor satu Benua Etam ini. Foto-foto: Pemprov Kaltim

newsborneo.id – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor secara khusus menerima uang baru 2022, uang kertas tahun emisi 2022 dari Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Kaltim Ricky Perdana Gozali pada Peluncuran dan Penyerahan Token of Appreciation (ToA) Uang Rupiah Tahun Emisi 2022, di ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (18/8/2022).

Penyerahan ini disaksikan juga Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, Kepala BNN Kaltim Brigjen Pol Wisnu Andayana, Kepala Binda Kaltim Brigjen TNI Hardani Lukitanta Adi, Kepala Perwakilan BPK Kaltim Agus Priyono dan perwakilan Forkopimda Kaltim.

Uang baru 2022 yang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi spesial karena nomor serinya sesuai dengan tahun lahir orang nomor satu Benua Etam ini.

“Selamat dan terima kasih setinggi-tingginya kepada Bank Indonesia atas peluncuran uang kertas rupiah tahun emisi 2022. Mata uang rupiah merupakan bukti kedaulatan dan kemandirian bangsa. Setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan kita sebagai negara serta menjadi mata uang yang sah di Indonesia,” ucap Isran Noor.

KPw BI Kaltim Ricky Perdana Gozali mengatakan peluncuran uang kertas rupiah tahun emisi 2022 telah dilakukan Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menandai resmi berlakunya dan beredarnya uang rupiah tahun emisi 2022 di masyarakat.

“Ini merupakan evaluasi secara berkala terhadap uang rupiah yang beredar, atas masukan dari masyarakat sekaligus penguatan uang rupiah yang beredar di masyarakat,” ujar Ricky.

Untuk wilayah Samarinda, lanjut Ricky, uang kertas rupiah tahun emisi 2022 sudah dapat ditukar mulai Jumat, 19 Agustus 2022, melalui layanan kas keliling Bank Indonesia di lokasi Taman Samarendah, yang pemesanan penukaran dilakukan melalui aplikasi PINTAR pada laman https://pintar.bi.go.id.

Uang baru 2022 yang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi spesial karena nomor serinya sesuai dengan tahun lahir orang nomor satu Benua Etam ini.
Uang baru 2022 yang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi spesial karena nomor serinya sesuai dengan tahun lahir orang nomor satu Benua Etam ini.

Seluruh uang rupiah kertas dan logam yang sebelumnya beredar masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” jelas Ricky.

Uang Baru TE 2022 Bank Indonesia dan Penjelasan Arti Desainnya

Tujuh pecahan Uang Kertas desain terbaru resmi dikeluarkan dan mulai diedarkan di seluruh wilayah Indonesia. Peluncuran uang kertas desain baru ini bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022.

Adapun tujuh uang kertas baru tersebut yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Dikutip newsborneo.id dari laman Bank Indonesia, ada tiga aspek inovasi penguatan pada uang baru ini yakni, desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih baik, serta ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Inovasi tersebut dilakukan agar uang Rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya dan sulit dipalsukan. Peluncuran uang baru ini tidak akan menyebabkan adanya penarikan terhadap uang rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Seluruh uang rupiah baik kertas maupun logam yang telah dikeluarkan akan tetap berlaku sebagai alat pembayaran.

“Di dalam lembaran rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan bangsa Indonesia. Sebuah motif spirit untuk di sisi satu adalah keberagaman dan disisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang sekaligus komitmen bagi kita semua,” kata Sri Mulyani.

BI Luncurkan Uang Baru 2022, Gubernur Kaltim jadi Orang Pertama yang Terima2
Uang baru 2022 yang diterima Gubernur Kaltim, Isran Noor menjadi spesial karena nomor serinya sesuai dengan tahun lahir orang nomor satu Benua Etam ini.

Sri Mulyani menambahkan, rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia dan sudah selayaknya rupiah dihormati dan dibanggakan. Adapun cara penukaran uang rupiah baru 2022 adalah sebagai berikut.

1. Melalui perbankan

Bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang baru, bisa langsung mendatangi bank-bank terdekat.

2. Melalui kas keliling

Pemesanan penukaran melalui kas keliling dapat dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.go.id.

Aplikasi PINTAR dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai 19 Agustus 2022.

Bank Indonesia mengimbau agar pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.