Prabowo Subianto Resmi Umumkan Maju sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024

oleh -7 views
Prabowo Subianto Resmi Umumkan Maju sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024
Prabowo Subianto Resmi Umumkan Maju sebagai Calon Presiden di Pilpres 2024

newsborneo.id – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bakal maju sebagai calon presiden 2024. Hal ini ia ungkap usai mendengar permintaan 34 dewan pimpinan daerah (DPD) yang bulat meminta Prabowo maju sebagai capres.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Republik Indonesia,” ujar Prabowo dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Jumat (12/8/2022).

“Dengan demikian malam hari ini saya menyatakan siap terus berjuang untuk bangsa, negara, dan seluruh jiwa raga saya persembahkan untuk ibu Pertiwi,” sambungnya.

Sebelum memberikan jawabannya, Prabowo disambut oleh para kader dengan nyanyian dan sorak sorai. Selain ratusan kader, tampak pula puluhan orang tanpa seragam Gerindra berada di ruangan sidang dan ikut meramaikan sorak sorai pada Prabowo.

“Prabowo, Prabowo, Prabowo,” sorak para kader.

Prabowo sempat menyinggung kekalahannya pada Pilpres 2019 lalu, menurutnya hal itu tidak lantas membuatnya jatuh dan patah semangat. Sebab, semangat seorang pejuang mestinya tak mengakui kekalahan dalam hati dan terus bangkit berjuang.

“Ada yang bertanya, nyindir-nyindir, sudah sekian kali kalah kok mau maju lagi? Mungkin mereka tidak mengerti arti pejuang,” kata Prabowo.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkap 34 DPD secara bulat mengusung nama Ketua Umum Prabowo Subianto sebagau calon presiden.

Selain 34 DPD, Dasco menyebut suara bulat itu juga diusung oleh organisasi sayap Gerindra.

“34 dewan pimpinan daerah Partai Gerindra seluruh Indonesia sudah bulat untuk mencalonkan Pak Prabowo jadi calon presiden dari Partai Gerindra 2024,” ucapnya.

Media Asing Ramai Memberitakan

Keinginan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto untuk kembali mengikuti pemilihan presiden menjadi sorotan media internasional.

“Ya kita lihat hasil rapimnas. Tapi kalau memang saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat, tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti dicalonkan,” ujar Prabowo yang juga menteri pertahanan kepada wartawan.

Kantor berita Reuters merilis artikel berjudul ‘Indonesia defence minister Prabowo signals another run for presidency’ pada 9 Agustus 2022. Selain memberitakan pernyataan Prabowo di KPU, Reuters juga mengutip pandangan analis Center for Strategic and International Studies (CSIS) Edbert Gani.

Menurut Gani, Prabowo merupakan salah satu kandidat kuat dalam pilpres mendatang. Apalagi, posisi Prabowo merupakan salah satu menteri dalam kabinet dan petahana, yaitu Jokowi, tidak dapat berpartisipasi dalam kontestasi 2024.

Dalam artikelnya, Reuters menulis kalau ini akan menjadi percobaan ketiga Prabowo dalam pilpres.

Sebelumnya, Prabowo kalah dua kali saat berhadapan dengan Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019. Reuters juga menulis kalau Prabowo adalah satu dari tiga politisi populer sebagai bakal capres selain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

The Diplomat pun merilis artikel berjudul ‘Indonesia Defense Minister Readies for Third Presidential Run’ pada Rabu (10/8/2022). Menurut The Diplomat, pernyataan Prabowo menunjukkan manuver politik elite politik Indonesia sudah memasuki tahap lanjut 18 bulan jelang pilpres. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.