Matahari Department Store akan Buka 200 Lowongan Kerja untuk Warga Bontang

oleh -45 views
Matahari Department Store akan Buka 200 Lowongan Kerja untuk Warga Bontang
Kepala Disnaker Bontang, Abdu Safa Muha menerima kunjungan manajemen Matahari Store ke Kantor Disnaker Bontang, Senin (8/8/2022) lalu.

newsborneo.id – Sebanyak 200 lowongan kerja bakal dibuka Matahari Department Store. Ini menyusul Emiten ritel ini berencana membuka gerai di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Tepatnya di Bontang City Mall.

Ini diungkapkan langsung Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bontang, Abdu Safa Muha usai pihaknya menerima kunjungan manajemen Matahari Store ke Kantor Disnaker Bontang, Senin (8/8/2022) lalu.

Abdu Safa Muha bilang, pihak manajemen Matahari Department Store menginformasikan bahwa pihaknya akan membuka gerai di Bontang City Mall. Melalui kesempatan itu pun, mereka menyampaikan terkait rekrutmen tenaga kerja.

“Kami sampaikan bahwa di Bontang ada Perda nomor 10/2018 tentang rekrutmen tenaga kerja,” kata Safa Muha, dikonfirmasi, Rabu (10/8/2022).

Safa menjelaskan, di Perda 10 itu terdapat aturan tenaga kerja lokal diberdayakan sebanyak 75 persen dan tenaga kerja luar Bontang 25 persen.

Kecuali, jika ternyata skill yang dibutuhkan perusahaan tidak ada di Bontang, maka pemberi kerja bisa melakukan rekrutmen di provinsi bahkan sampai nasional.

“Itu kami sampaikan juga ke pihak manajemen Matahari Department Store,” tegasnya.

Selain itu, Safa mengatakan Disnaker Bontang meminta laporan ketika dilakukan penandatanganan kontrak. Kata Andi, pihak Matahari Department Store bakal membutuhkan sekira 200 tenaga kerja di Bontang.

“Saat ini, pembangunan Bontang City Mall sedang dikebut, jika sudah selesai, baru pihak Matahari melakukan pendaftaran ke Disnaker untuk dilakukan rekrutmen,” papar Safa.

Dia menyebut, pihak Matahari Department Store tidak mengetahui bahwa di Bontang ada aturan rekrutmen sesuai dengan Perda Kota Bontang tentang rekrutmen tenaga kerja. Terlebih, ada aturan yang mengharuskan rekrutmen melalui Disnaker Bontang.

“Mereka langsung minta arahan, karena di Samarinda dan kota lainnya tidak ada aturan seperti di Bontang. dan mereka cukup kooperatif,” ucapnya.

Disnaker Bontang juga menyampaikan tentang kebijakan Bontang dengan Perda itu, dan disambut baik pihak manajemen Matahari Department Store.

200 lowongan kerja pun, belum dijelaskan secara spesifik kebutuhan tenaga kerjanya. Yang jelas, lanjut Safa, pihak Matahari Department Store akan membuka lowongan kerja ketika Bontang City Mall sudah selesai pembangunan dan siap untuk grand opening. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.