Over Kapasitas, Lapas Bontang Tampung 1.495 Warga Binaan

oleh -22 views
Over Kapasitas, Lapas Bontang Tampung 1.495 Warga Binaan

newsborneo.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang penuh sesak. Lapas di Kelurahan Bontang Lestari ini over kapasitas. Apalagi, kedatangan tambahan 39 warga binaan dari Lapas Balikpapan.

Sejatinya, Lapas Bontang berkapasitas 470 warga binaan. Sedangkan saat ini menampung 1.495 warga binaan. Artinya, ada 1.025 warga binaan perlu tambahan ruangan.

Di Lapas Bontang sendiri ada 6 blok. Tiap blok berisi 8-17 sel atau total ada 31 sel. Saat ini setiap sel berisi 20 sampai 30 tahanan. Jika dikalkulasi idelanya satu sel berisi maksimal 15 warga binaan.

Saat dikonfirmasi, Kalapas Bontang Ronny Widiatmoko, melalui KPLP Lapas Bontang Saiful Buchari, mengatakan langkah tersebut diambil lantaran Lapas Balikpapan saat ini sedang renovasi.

Bukan hanya Lapas Bontang, tetapi operan narapidana juga diberikan ke beberapa lapas yang ada di Kaltim.

“Karena lapas Balikpapan baru renovasi lapasnya, jadi dari balikpapan dibagi ke beberapa lapas,” kata Saiful, saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/2022).

Ke-39 warga binaan  tersebut, saat ini ditempatkan di blok Mapenaling. Kata Saiful, blok tersebut yang masih lowong untuk bisa ditempati oleh tahanan. “Masuk ke blok Mapenaling,” imbuhnya.

Dalam standar operasional prosedur (SOP), setiap warga binaan baru itu telah melalui pemeriksaan barang bawaan, penggeledahan badan, pemeriksaan berkas, kelengkapan administrasi, serta pengecekan kesehatan dan riwayat penyakit.

Pasca-pemeriksaan, Tim Regu Pengaman Lapas Bontang, memberikan pengarahan tentang tata tertib, kedisiplinan serta menjelaskan hak dan kewajiban napi selama berada di Lapas Bontang. **

No More Posts Available.

No more pages to load.