Banjir Bandang Rendam Seoul, 7 Orang Dilaporkan Tewas

oleh -6 views
Banjir Bandang Rendam Seoul, 7 Orang Dilaporkan Tewas
Mobil terendam banjir saat hujan deras di distrik Gangnam, Seoul, Korea Selatan, Senin (8/8/2022). (Photo by YONHAP / AFP)

newsborneo.id – Banjir bandang menghantam sejumlah area utama di kota Seoul pada Senin (8/8/2022) malam. Banjir muncul setelah rekor hujan lebat mengguyur ibu kota Korea Selatan (Korsel) sejak siang hari.

Akibatnya, pada Selasa (9/8/2022) pagi, banyak bagian ibu kota terendam banjir, serta kecelakaan, penurunan tanah, dan pemadaman listrik. Tak hanya itu, banjir juga menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang.

Melansir The Korea Herald, tiga orang yang terdiri dari anak-anak berusia 13 tahun dan dua orang dewasa berusia sekitar 40 tahun, tewas setelah terperangkap di sebuah apartemen semi-basement di distrik Gwanak-gu, Seoul.

Tinggi banjir tersebut mencapai perut orang dewasa, merendam mobil, gedung, perumahan, dan sejumlah properti lainnya.

Sebelumnya, BMKG Korea Selatan telah memberi peringatan mengenai hujan deras yang akan mengguyur wilayah Seoul, Incheon Barat, Provinsi Gyeonggi Utara yang mengelilingi Seoulm dan Provinsi Gangwon Utara.

Hujan lebat telah turun di Yeonchon yang berjarak 62 kilometer dari Seoul

Pada pukul 15.00 waktu setempat, hujan turun di Yeonchon dengan intensitas 171 mm, 87,9 mm di Incheon, 60 mm di Seoul, dan 78,5 mm di Cheorwon yang berjarak 71 km dari Seoul.

Menurut prediksi dari BMKG Korea Selatan, hujan tersebut masih akan berlangsung pada Selasa, 9 Agustus 2022 waktu setempat.

Selain itu, dikutip pranala.co dari Yohap News, di Provinsi Gyeonggi Utara akan mengalami hujan lebat bercampur angin kencang, kilat, dan petir.

Hujan yang terjadi pada Senin, 8 Agustus 2022 merupakan yang terbesar yang melanda Seoul dalam 80 tahun terakhir.

Menurut laporan pemerintah setempat, akibat banjr tersebutm lima orang dilaporkan meninggal dunia dan empat lainnya hilang di Seoul.

Sementara itu, di Provinsi Gyeonggi, dua orang meninggal dan dua lainnya hilang pada Selasa, 9 Agustus 2022 pukul 6.00 waktu setempat dan sembilan orang lainnya mengalami luka-luka.**

No More Posts Available.

No more pages to load.