Upaya Mahakam Ulu Usul Miliki Bandar Udara

oleh -7 views
Upaya Mahakam Ulu Usul Miliki Bandar Udara
Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi menerima kunjungan Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Bonifasius Belawan Geh, Jumat (22/7/2022). Foto: Pemprov Kaltim

newsborneo.id – Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Bonifasius Belawan Geh mengusulkan rencana pembangunan bandar udara di Ujoh Bilang, ibu kota Kabupaten Mahulu. Bahkan, lahan sudah disiapkan. Bandara yang diusulkan sepanjang 1.600 meter untuk tahap awal dan 3 ribu meter untuk pengembangannya nanti.

Rencana ini disampaikan langsung kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi saat berkunjung, Jumat (22/7/2022). Bupati dari daerah yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia itu diterima di Rumah Dinas Wakil Gubernur Kaltim Jalan Milono Samarinda.

“Untuk lahan sudah klir Pak Wagub. Sekarang menunggu penlok (penetapan lokasi) dari pusat,” kata Bupati Bonifasius kepada Wagub Hadi Mulyadi.

Boni meyakinkan, kehadiran bandara baru itu nantinya akan sangat membantu kemajuan Mahulu. Pasalnya, dengan layanan penerbangan yang lebih representatif, Kabupaten Mahakam Ulu akan lebih mudah terhubung dengan Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, kota-kota lain di Kaltim seperti Balikpapan dan Samarinda, bahkan kota negara tetangga Malaysia, Kuching di Serawak.

Menanggapi usulan itu, Wagub Hadi nampak sangat gembira dan siap memberi dukungan penuh.

“Saya sudah minta Pak Bupati mengirimkan usulannya untuk diteruskan kepada Anggota Komisi V DPR asal Kaltim, Pak Irwan agar segera bisa dibantu diwujudkan,” ungkap Wagub Hadi Mulyadi.

Wagub menambahkan mengingat data-data yang diperlukan sudah lengkap, maka usulan ini tidak bisa ditunda-tunda lagi. Harus segera direalisasikan.

“Mudah-mudahan bisa jadi agenda prioritas pemerintah pusat,” imbuhnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu Stephanus Madang yang mendampingi Bupati Bonifasius menimpali, saat ini mereka sudah menyiapkan 250 hektare lahan untuk rencana pembangunan lapangan udara di Mahulu itu.

“Tanah sudah ada kurang lebih 250 hektare, bersertifikat. Lahan milik Pemkab Mahulu berada di sekitar Ujoh Bilang. Nantinya lahan itu akan kita hibahkan ke pusat (Kementerian Perhubungan) agar bisa dibangun bandara,” ungkap Stephanus Madang.

Selain melaporkan usulan rencana pembangunan bandara, Bupati Bonifasius juga menyampaikan permohonan dukungan untuk pelaksanaan proyek jalan dan jembatan di Mahulu, juga membahas rencana kunjungan kerja Wagub Hadi Mulyadi ke Mahulu dalam waktu dekat. **

No More Posts Available.

No more pages to load.