UNESA Buka Pendaftaran Beasiswa Full S1 PLB Khusus Khusus Putra-Putri Kaltim

oleh -11 views
Tim dari Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kaltim saat berkunjung ke Unesa.

SAMARINDA, newsborneo.id – Dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah yang ramah disabilitas, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) untuk menyiapkan beasiswa khusus program studi (prodi) S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB) bagi putra-putri yang berasal dari provinsi ‘Benua Etam’.

Program kerja sama ini sudah memasuki tahun ketiga. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan layanan pendidikan yang bermutu menuju Kaltim yang maju dan unggul. Peserta yang lolos beasiswa tersebut bebas sumbangan pengembangan institusi (SPI), uang kuliah tunggal (UKT) dan mendapat uang saku selama 8 semester atau empat tahun.

Dr. Sukarmin, M.Pd., Ketua Satuan Admisi UNESA menjelaskan bahwa beasiswa kerja sama ini bentuk dari upaya jajaran Pemprov Kaltim lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim yang ingin mewujudkan daerah yang betul-betul ramah dan punya kualitas terhadap aksesibilitas teman-teman disabilitas di semua aspek.

“Karena itu, langkah pertama yang dilakukan yaitu menyiapkan SDM lewat program beasiswa kerja sama ini,” terangnya. Program beasiswa kerja sama UNESA-Kaltim ini dibuka untuk SPMB atau jalur mandiri. Adapun jadwalnya sebagai berikut:

1. Pendaftaran dibuka mulai Senin, 4-13 Juli 2022
2. Pelaksanaan Tes pada 16-19 Juli 2022
3. Pengumuman Hasil Seleksi pada 23 Juli 2022
4. Daftar ulang peserta pada 24-27 Juli 2022

Syarat pendaftaran peserta;
  1. Jalur ini ditujukan bagi peserta yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kalimantan Timur.
  2. Merupakan lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau sederajat angkatan 2020, 2021 dan 2022 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus untuk lulusan tahun 2022.
  3. Peserta akan melalui ujian tulis berbasis komputer dengan materi tes; potensi akademik dan soshum.
  4. Peserta hanya dapat memilih prodi S-1 Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  5. Seleksi atau tes akan dilaksanakan secara daring atau online.

“Teman-teman dari Kaltim yang tentunya punya minat lanjut studi PLB tentu ini kesempatan yang tidak banyak didapatkan di luar sana. Beasiswanya full plus ada uang saku,” ungkap Sukarmin. Bagi peserta yang hendak mendaftar, bisa mengunjungi laman, https://sipenmaru.unesa.ac.id/. 

No More Posts Available.

No more pages to load.