Langka! Gerombolan Lumba-Lumba Terlihat di Perairan Bontang

oleh -223 views
Tangkapan layar video kemunculan gerombolan lumba-lumba di perairan laut Malahing Bontang. (ist)

BONTANG, newsborneo.id – Gerombolan lumba-lumba kembali terlihat di perairan Kota Bontang, Kaltim. Hewan mamalia itu terlihat melompat-lompat keluar air di Kampung Malahing, Jumat (1/7/2022) sore.

Momen langka tersebut diabadikan dalam video berdurasi 14 detik. Mega, salah satu warga Malahing mengungkapkan, fenomena ini bukan yang pertama kali terjadi di perairan Malahing. Sebelumnya juga pernah, bahkan rutin hampir setahun sekali.

“Ada sekitar empat sampai lima ekor tadi yang terlihat. Saya menyaksikan saja. Yang merekam tadi mahasiswa yang lagi KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Malahing,” ujarnya mengutip pranala.co.

Diketahui, fenomena serupa juga pernah menghebohkan warga Bontang 2019 silam. Saat itu terjadi di perairan pesisir Pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjung Limau.

Menurut warga sekitar, kejadian itu juga bukan yang pertama kali. Sebelumnya di lokasi yang sama juga pernah terjadi hal serupa.

Aji Erlynawati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) kala itu menyebut, fenomena kemunculan lumba-lumba ini menandakan ekosistem perairan laut Bontang masih alami.

Terbukti, hewan langka tersebut masih bisa menemukan stok makanannya. Hal ini harus menjadi pendorong warga untuk selalu memelihara lingkungan sekitar mereka, terutama ekosistem di laut. (re/bms)

No More Posts Available.

No more pages to load.