Usai Demonstrasi, Masyarakat Bufferzone Menggugat Punguti Sampah

oleh -40 views
Sebagian anggota aksi terlihat mengumpulkan sampah. (Yusva Alam)

BONTANG, newsborneo.id – Ratusan massa “Masyarakat Bufferzone Menggugat” memang belum menerima keputusan dari top manajemen Pupuk Kaltim. Namun, usai demonstrasi, mereka bersih-bersih di sekita lokasi sebelum bubar, Kamis (30/06/2022).

Aksi bersih-bersih jarang sekali dilakukan oleh massa yang berdemo. Namun hal ini tidak berlaku pada massa MBM.
Massa yang berasal dari Kelurahan Lok Tuan, Kota Bontang ini sejak awal menyebut aksi mereka sebagai aksi damai.

Maka aksi damai tersebut mereka wujudkan dengan ketertiban saat berdemo dan aktivitas bersih-bersih sekitaran daerah tempat mereka melakukan demo.

Di sela-sela aksi demo koordinator lapangan kerap berteriak untuk menjaga kebersihan. Di akhir demo pun korlap kembali menegaskan untuk memunguti sampah-sampah yang ada saat mereka berdemo.

“Jangan lupa memunguti sampah,” teriak Koordinator Lapangan, Yopi Chandra melalui pengeras suara di sela-sela demo.

Berdasarkan pengamatan media ini, sebagian anggota massa mengikuti instruksi tersebut. Dengan memunguti dan mengumpulkan sampah-sampah botol air mineral serta bungkusan-bungkusan makanan.

Mereka mengumpulkan sampah-sampah dalam satu wadah kardus maupun plastik berukuran besar. Lalu dinaikkan ke atas mobil pick up untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah.

Bahkan di akhir demo, massa dilarang untuk makan siang di tempat, walaupun makanan bungkusan sudah disediakan oleh panitia aksi. Hal ini agar tidak semakin mengotori daerah sekitar aksi mereka.

“Tolong makan siang jangan di makan di sini. Nanti saja kita pindah ke tempat lain,” teriak Yopi lagi untuk mengingatkan massa.

Selain menjaga kebersihan, aksi ini juga terbukti berjalan tertib. Sejak awal demo, MBM hanya membentangkan spanduk-spanduk berisi tuntutan-tuntutan mereka, serta berulang kali berorasi.

Selama aksi demo dari pagi sampai siang tidak sekalipun terjadi kericuhan. Pihak keamanan yang terdiri dari pihak kepolisian dan TNI terlihat tidak begitu sibuk dalam melakukan pengawalan aksi demo tersebut. (pra/ya)

No More Posts Available.

No more pages to load.