Lagi, Jemaah Haji asal Samarinda Berangkat 28 dan 29 Juni 2022

oleh -20 views
Wali Kota Samarinda, Andi Harun secara simbolis mengenakan syal kepada salah satu calhaj di Masjid Shofiatul Amin kompleks GOR Segiri, Kamis (16/06/2022) pagi. Foto: Diskominfo Kaltim
Wali Kota Samarinda, Andi Harun secara simbolis mengenakan syal kepada salah satu calhaj di Masjid Shofiatul Amin kompleks GOR Segiri, Kamis (16/06/2022) pagi. Foto: Diskominfo Kaltim

SAMARINDA, newsborneo.id – Calon jemaah haji (calhaj) asal Samarinda, Kaltim akan kembali berangkat besok, Selasa dan Rabu (28 dan 29 Juni 2022). Jemaah ini akan bergabung dalam kloter 6 dan kelompok ketiga kloter 7 Embarkasi Haji Balikpapan.

Sebelumnya, Panitia Haji Samarinda telah sukses memberangkatkan kelompok pertama jamaah haji kota Samarinda pada Selasa (21/6/2022) lalu. Jamaah tiba di Makah pada Kamis (23/6/2022). Saat ini jemaah Samarinda yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi Balikpapan ini telah melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umrah wajib mereka.

Menurut panitia dari Kementerian Agama Kota Samarinda, Ridhla calhaj Samarinda yang tergabung dalam kloter 6 terdiri dari 30 orang jemaah. Ahad (26/6/2022) kemarin mereka telah menjalani tes PCR dan hari ini (27/6/2022) akan menerima hasilnya.

“Jam 08.00 wita sampai jam 12.00 para calhaj tersebut mengumpulkan koper mereka di Kementerian Agama untuk kemudian diangkut oleh truk Arafat pada jam 12.30 wita,” jelas Ridhla.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kota Samarinda, Kumarul Zaman, bilang untuk pemberangkatan jemaah Samarinda yang tergabung dalam kloter 6 Selasa (28/6/2022) ini akan dilaksanakan pada jam 03.00 wita.

“Para jemaah ini direncanakan akan Salat Subuh di daerah rest area jalan tol Samarinda-Balikpapan,” tambah Kumarul Zaman, Senin (27/6/2022).

Kumarul menambahkan, perjalanan para calhaj nanti mendapatkan pengawalan dari kepolisian sebanyak 1 mobil patwal berisikan 3 personel. Adapula dari Satpol PP juga mengirim 1 mobil patwal berisikan 3 personel. Sedangkan dari Dinas Perhubungan menurunlan 15 personel pengamanan di area GOR Segiri dan 1 orang di dalam tiap bus.

Pemberangkatan rombongan selanjutnya yang tergabung dalam kloter 7 pada Rabu (29/6/2022) terdapat 44 orang jemaah. Pemberangkatan dilaksanakan pagi hari sekira pukul 8.00 wita dan akan disambut oleh pihak asrama haji pada pukul 14.30 siang.

Gubernur Kaltim Titip Doa untuk IKN ke Jemaah Haji

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menitipkan doa kepada calon jemaah haji (Calhaj) agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dimudahkan dan dilancarkan.

Hal itu disampaikan Isran Noor saat melepas 360 jemaah haji asal Kaltim kloter kedua di Asrama Haji, Balikpapan, pada Kamis (23/6/2022) petang.

Mereka berangkat pada pukul 22.00 Wita melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Sebanyak 360 jemaah calon haji tersebut berasal dari Kabupaten Mahakam Ulu, Kutai Barat, Berau, Bontang, dan Balikpapan.

Di hadapan para jemaah, Isran meminta agar menjaga kesehatan dan perbanyak minum air putih. Pasalnya, cuaca di Arab Saudi berbeda dengan Indonesia.

“Di sana itu saya dengan saat ini suhunya mencapai 40 derajat celsius. Tolong jaga kesehatannya, banyak minum air putih, enggak usah buru-buru dan selalu berharap berdoa agar kegiatan itu dimudahkan oleh Allah,” katanya.

Saat ini Pemerintah Arab Saudi mengizinkan pelaksanaan ibadah haji dengan pembatasan kuota. Semua negara di dunia dibatasi hanya 40 persen yang boleh melaksanakan ibadah haji, termasuk Indonesia.

Tidak hanya itu, Isran juga menitipkan doa agar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dimudahkan dan dilancarkan.

“Enggak usah diambil hati, kan mendoakan itu bagus. IKN itu milik bangsa dan negara, milik generasi muda untuk bangsa dan negara ini. Bahkan di Ibu Kota Negara mana pun merupakan milik daripada bangsa-bangsa di dunia, kita harus sukseskan. Ya doanya dimudahkan dan dilancarkan,” ungkapnya. (ril/re)

No More Posts Available.

No more pages to load.