Tidak Ada Ormas Berafiliasi Khilafatul Muslimin di Kaltim

oleh -5 views
Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya Agama dan Organisasi Badan Kesbangpol Kaltim Ismed Indah. (ANTARA/R'sya R)

SAMARINDA, newsborneo.id – Hingga saat ini tidak ada lembaga atau organisasi masyarakat (ormas) di Kaltim yang berafiliasi atau mengikuti aliran-aliran di luar wawasan kebangsaan, seperti Khilafatul Muslimin.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya Agama dan Organisasi Badan Kesbangpol Kalimantan Timur Ismed Indah.

“Kita masih memantau. Khilafatul Muslimin itu di pusat, kalau di sini belum ada lapor ke kita,” jelas Ismed di Samarinda, Senin (20/6/2022) seperti diberitakan Antara.

Khilafatul Muslimin adalah sebuah organisasi keagamaan Indonesia yang mengusung ideologi khilafah yang baru-baru ini terungkap tengah melakukan kejahatan tersembunyi atau hidden crimes.

Diketahui, ormas yang dipimpin Abdul Qadir Hasan Baraja tersebut tidak hanya bertentangan dengan Pancasila. Namun juga terindikasi mendirikan negara dalam negara dengan membangun sistem pemerintahan sendiri selayaknya sebuah negara.

Selain itu, Khilafatul Muslimin juga disebut melawan hukum terkait UU Sistem Pendidikan Nasional dimana kegiatan mereka melanggar UU Sisdiknas dan UU Pesantren.

“Kalau memang di Kaltim ada berkembang aliran semacam Khilafatul Muslimin, paling tidak kita sesuai dengan kebijakan di pusat. Misalnya diputus, otomatis di Kaltim ikut juga,” tegasnya.

Lanjut Ismed, apabila suatu organisasi memiliki kendala di pusat maka otomatis organsiasi tersebut tidak bisa beroperasi di seluruh Indonesia.

“Untuk saat ini antisipasinya kita berjaga-jaga saja. Antisipasi dini mencegahnya, paling tidak kita memberikan informasi-informasi apa sih yang harus dikerjakan ormas dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga masing-masing ormas,” terangnya.

Meski kondusifitas di Kaltim sampai saat tetap terjaga, Ismed mengimbau agar seluruh lembaga maupun ormas yang ada untuk tidak ikut-ikut ke dalam aliran di luar wawasan kebangsaan. (re/ant)

No More Posts Available.

No more pages to load.