Mobilitas Warga Mahakam Ulu Kian Mudah dengan Speedboat POA

oleh -12 views
Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun melepas speedboat POA secara resmi. Foto: Prokopim Mahulu.

UJOH BILANG, newsborneo.id – Mobilitas warga Mahakam Ulu (Mahulu), Kaltim mulai mudah dengan diluncurkannya speedboat, Penyediaan Ongkos Angkut (POA) di di Pelabuhan Kampung Batoq Kelo, Kecamatan Long Bagun, Jumat (10/6/2022) lalu.

Jasa transportasi speedboat ini untuk mempermudah mobilitas warga Mahulu khususnya rute ke Hulu Riam Sungai Mahakam. Program POA ini ditujukan untuk penumpang. Bukan untuk barang bawaan.

“POA yang dilaksanakan dimaksudkan untuk memudahkan warga melakukan perjalanan melalui transportasi sungai. Bukan untuk barang bawaan dalam jumlah banyak,” ungkap Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun dikutip laman resmi Pemkab Mahulu.

Yohanes Avun juga meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) Mahulu untuk dapat memberikan informasi yang jelas mengenai alur atau tata cara mendapatkan subsidi speedboat POA ini kepada masyarakat. Salah satunya lewat penyediaan pusat layanan informasi POA, bersifat online maupun Offline di pos wasdal di masing-masing kecamatan khususnya 2 kecamatan di Ulu Riam.

“Pogram ini merupakan salah satu komitmen dari misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Mahulu yakni, Membangun dan Meningkatkan Sarana dan Prasarana Publik yang Berkualitas, Adil, Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan,” sambung dia.

Kepala Dishub Mahulu, Fransiskus Xaverius Lawing menerangkan, untuk tahun ini POA atau SOA yang beroperasi hanya di wilayah Ulu Mahakam. Sedangkan untuk rute ilir tidak ada, kecuali ada emergensi.

Lanjut dia, pelayanan POA rute Ulu Riam dibagi dalam dua kategori pelayanan. Bagi masyarakat tidak mampu yang memiliki kartu tanda pelayanan akan diberikan subsidi gratis. Serta,  bagi masyarakat yang diberikan kebijakan/dispensasi khusus oleh pihak yang berwenang seperti wartawan, tenaga medis, narapidana, petugas telekomunikasi dan juga pelajar/mahasiswa yang dibuktikan dengan identitas kartu pelajar/kartu mahasiswa dan dikenakan biaya 50 persen bagi masyarakat umum.

Sementara, POA ini juga tersedia untuk layanan emergency, diberikan subsidi 100 persen gratis bagi warga Mahulu keadaan sakit/pasien rujukan, korban kecelakaan, meninggal dunia atau emergency darurat lainnya.

“Emergency ini juga berlaku untuk rute ulu riam dan rute ilir riam, yang masuk kategori emergency ini adalah yang sakit kemudian yang pemakaman, jika ada yang memenuhi kriteria emergency bisa langsung menghubungi staf kami di Pos Wasdal,” jelasnya.

Mengenai jadwal keberangkatan menuju Kecamatan Long Pahangai dan Kecamatan Long Apari (Kampung Tiong) mulai Selasa sampai dengan Minggu dengan kapasitas maksimal 25 orang penumpang dengan armada 1 Speedboat di setiap hari keberangkatan.

“Sudah ada SOP kita buat, maksimal berangkat itu adalah 25 orang, dan sesuai dengan standar keselamatan setiap armada itu harus menyiapkan pelampung kemudian jaket keselamatan, dan pendukung keselamatan penumpang,” terangnya. (de)

No More Posts Available.

No more pages to load.