Pekan Pers Bontang 2022: PWI Bontang Sukses Gelar Bincang Buku dan Kepenulisan

oleh -63 views

newsborneo.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bontang bekerja sama dengan Forum Penulis Bontang (FPB) sukses menggelar bincang buku dan kepenulisan dalam rangka Pekan Pers 2022. Dilaksanakan di Lamin Kodim 0908/BTG, Kamis (17/3/2022), kegiatan menghadirkan lima penulis lokal sebagai pembicara utama.

Mereka adalah Kartini Hilmatunnida sebagai penulis puisi, Sriningsih Hutomo sebagai penulis novel digital, Unesia Drajadispa sebagai penulis feature, Retno Utami sebagai penulis best practice, dan Annisa Alhaqqoh sebagai penulis cerita anak. Hadir pula Sunaryo Broto sebagai kurator buku. Sementara pesertanya, terdiri dari siswa dan guru jenjang SMP serta SMA di Bontang.

Ketua PWI Bontang, Suriadi Said yang juga sebagai moderator dalam kegiatan ini menyampaikan, lewat kegiatan Bincang Buku dan Kepenulisan ini diharapkan, gerakan literasi di Kota Taman dapat terus meningkat. Peserta juga dimotivasi tentang bagaimana cara menulis, menemukan ide, termasuk adanya sesi berbagi tips dan pengalaman dari para narasumber terkait proses penulisan buku.

“Ini akan membuka mata adik-adik (pelajar) bahwa menulis itu asyik dan menyenangkan,” ucap pria yang akrab disapa Isur itu.

Sementara itu dalam sambutannya mewakili Wali Kota Bontang, Kepala Disdikbud Bontang, Bambang Cipto Mulyono menyebut, pentingnya pendidikan literasi bagi masyarakat, terutama sejak dini. Sebab, dari survei yang dilakukan lembaga internasional di 2019, Indonesia berada pada sepuluh besar negara yang tingkat literasinya rendah.

“Harus diakui bersama, minat baca kita itu tinggi, namun daya bacanya yang rendah. Baru baca buku yang tebal sedikit sudah malas,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkot Bontang mengapresiasi kegiatan Bincang Buku dan Motivasi Kepenulisan yang digagas PWI Bontang.

“Ini jadi salah satu cara meningkatkan minat baca dan daya baca, terutama kepada adik-adik siswa SMP dan SMA yang turut hadir hari ini,” katanya.

Selain kegiatan Bincang Buku dan Motivasi Kepenulisan, acara lainnya dalam rangkaian Pekan Pers Bontang 2022 adalah penanaman mangrove pada Sabtu, 19 Maret 2022 dan Rapat Koordinasi (Rakor) PWI Bontang pada Minggu, 20 Maret 2022. Seluruh kegiatan tersebut mendapat dukungan dari berbagai sponsor.

Antara lain Pemkot Bontang, DPRD Bontang, Kodim 0908/BTG, Polres Bontang, PT Pupuk Kaltim, Badak LNG, PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI), PT Graha Power Kaltim, PT Bontang Migas Energi, PT Pama Persada Nusantara, Tupperware, Telkom Indonesia, PDAM Tirta Taman, PT PLN, Hotel Grand Raodah, Hotel Mutiara, PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU), PT Kaltim Methanol Industri (KMI), Bank Kaltimtara, dan RS Amalia. [ril]

No More Posts Available.

No more pages to load.