Pupuk Kaltim Perluas Pemanfaatan Biodex

oleh -38 views
ILUSTRASI. Produk aktivator kompos Biodex sebagai bioaktivator yang dikembangkan Pupuk Kaltim untuk mengatasi masalah limbah organik yang mengandung selulosa dan lignin tinggi seperti jerami, sekam padi, kulit buah kakao.

newsborneo.id – Sebagai produsen pupuk urea di Indonesia, Pupuk Kaltim (PKT) memiliki kapasitas untuk terus berinovasi menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan memberikan nilai tambah tidak hanya bagi bisnis, namun juga lingkungan dan sosial.

Hal ini diimplementasikan salah satunya lewat produk aktivator kompos biodex, sebagai bioaktivator yang dikembangkan Pupuk Kaltim untuk mengatasi masalah limbah organik yang mengandung selulosa dan lignin tinggi seperti jerami, sekam padi, kulit buah kakao.

Melalui formula terkini dan ramah lingkungan, Biodex Pupuk Kaltim memungkinkan proses dekomposisi limbah organik dapat berjalan dengan cepat, sehingga menghemat waktu, tenaga, hingga biaya.

Selain dapat dimanfaatkan hingga skala pertanian secara luas, pemanfaatan produk Biodex ini juga diperluas untuk membantu mengatasi limbah organik rumah tangga yang saat ini menjadi salah satu penyumbang terbesar penumpukan sampah di berbagai wilayah Indonesia.

“Mengingat kandungan dan formulasi produk yang ramah lingkungan dan inovatif, Biodex ini mampu membantu masyarakat dalam mengelola limbah rumah tangga dan mengubahnya menjadi kompos yang memiliki nilai guna,” ungkap Vice President Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim, Jefri Limeisa Putra, dalam keterangan resminya, Senin (21/2).

Dia melanjutkan, Pupuk Kaltim juga menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, kali ini dengan Pemerintah Kota Madiun untuk membantu pengelolaan limbah rumah tangga masyarakat sekitar dengan pemanfaatan Biodex, melalui kehadiran “Kampung Kompos Biodex”.

Melalui inisiatif tersebut, Pupuk Kaltim dan pemerintah setempat berupaya mengurangi peningkatan timbulan sampah di Kota Madiun yang mencapai 118,17 ton/hari, dengan 75% diantaranya merupakan sampah sisa makanan yang berasal dari rumah tangga. [kt]

No More Posts Available.

No more pages to load.