Status PPKM Turun ke Level 2, Abdul Malik Ajak Masyarakat Ramaikan Masjid

oleh -10 views

newsborneo.id – Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Bontang ditetapkan turun ke Level 2. Anggota DPRD Bontang, Abdul Malik memandang sudah saatnya kegiatan di rumah ibadah selayaknya kembali seperti semula.

Khusus masjid, politisi PKS ini meminta aktivitas ibadah sudah berlangsung normal. Ia mencontohkan barisan shaf antar jamaah sudah bisa dirapatkan.

Penerapan shaf tidak berjarak seperti saat Pandemi Covid-19 dalam PPKM level 3 keatas segera diberlakukan. Ia menyatakan sebuah dasar hukum Islam terkait penetapannya. Dikatakannya hukum asal itu adalah tetap sebagaimana sebelumnya.

Untuk itu jika awalnya adalah merapatkan barisan shaf, maka kembalikan seperti apa adanya. Pasalnya menurut Abdul Malik pemberlakuan itu hanya dilakukan jika darurat.

“Kalau hukum asalnya shalat itu luruskan dan rapatkan shaf.Karena situasi kondisi Covid-19 kemarin dan sekarang normal maka rapatkan barisan,” katanya.

Seperti halnya Makkah, Arab Saudi yang kini telah melepaskan penanda jaga jarak di masjidil haram, Pun sudah kembali normal. “Kalau tolak ukurnya disana ya ikuti. Beberapa masjid sudah merapatkan Shaf,” ungkapnya.

Meski diakui, masih ada person yang sulit melepaskan kebiasaan jaga jarak di masjid. Pria yang mahir berpantun ini memaklumi. “Ada beberapa person yang sudah terlanjur longgar di beberapa masjid. Sehingga merapat agak ragu ragu,” ucapnya.

Politisi PKS yang juga penggiat dakwah ini tetap berharap tim satgas Covid-19 memberikan kesempatan pada masyarakat untuk hidup normal kembali. Pasalnya vaksinasi di masyarakat khusus vaksin 1 sudah mencapai 70 persen. “Jadi saya fikir tidak perlu diperdebatkan ayo kembali merapatkan Shaf,” kata Abdul Malik. [ADS]

No More Posts Available.

No more pages to load.