Rp11,04 Triliun Disiapkan untuk Perencanaan dan Pembangunan Kaltim

oleh -15 views
Kalimantan Timur, lokasi ibu kota negara yang baru.

newsborneo.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mempersiapkan anggaran mencapai Rp 11,04 triliun dalam mendukung perencanaan dan pembangunan di tahun 2022.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Aswin menyatakan optimis atas kemampuan keuangan daerah yang telah direncanakan saat ini, telah siap untuk mendukung pencapaian target kinerja pembangunan di tahun 2022.

“Hal ini dengan catatan, bahwa dalam implementasinya di penganggaran hingga pelaksanaan program/kegiatan harus benar-benar dikendalikan secara cermat agar hasil dan manfaat pembangunan dapat tercapai secara optimal,” katanya.

Sebagai informasi, kapasitas anggaran Pemprov Kaltim di tahun 2022 ditaksir pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebesar kurang lebih Rp11,04 triliun, atau turun Rp570 miliar dari APBD tahun 2021 yaitu mencapai Rp11,62 triliun.

Aswin menjelaskan asumsi penurunan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh belum pulih nya kondisi perekonomian daerah dan nasional sebagai dampak negatif pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Pemprov Kaltim akan melakukan antisipasi secara selektif dalam menyusun program/kegiatan serta menentukan belanja daerah.

“Dengan lebih mendorong pertumbuhan sektor sektor ekonomi produktif guna memperoleh multiplier effect yang lebih besar,” pungkasnya. [bas]

No More Posts Available.

No more pages to load.