Pandemi COVID-19 di Kaltim Melandai

oleh -21 views

newsborneo.id – Satgas Penanganan COVID-19 Kalimantan Tmur (Kaltim) melaporkan pandemik virus di Bumi Etam relatif mulai melandai memasuki bulan Agustus. Saat ini saja dilaporkan jumlah pasien terpapar virus sebanyak 21.668 kasus atau meningkat tipis 2,8 persen dibandingkan enam hari lalu tercatat sebanyak 21.062 kasus.

Pemerintah pusat menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 bagi delapan kota/kabupaten, yakni Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, dan Penajam Paser Utara.

Sedangkan Mahakam Ulu dan Paser diwajibkan melaksanakan PPKM level 3. Provinsi Kaltim sudah menerbitkan aturan perpanjangan PPKM level 4 ini. Berikut update perkembangan kasus pandemik di Kaltim, Kamis (5/8).

Tren pandemik COVID-19 di Balikpapan masih  tertinggi di Kaltim di mana jumlah pasiennya sebanyak 7.627 kasus atau naik 6,1 persen dari sebelumnya  7.277 kasus.

Pandemik virus di Balikpapan terus melandai dibanding beberapa pekan lalu saat kenaikan jumlah pasien terpapar bisa menyentuh 30 persen per hari.

Pemkot Balikpapan melanjutkan PPKM level darurat atau sekarang mempergunakan istilah level 4. Tujuannya untuk menekan penyebaran wabah COVID-19.

Virus COVID-19 mengalami lonjakan drastis di Kutai Kartanegara tercatat sebanyak  2.873 kasus atau turun signifikan 23 persen dari sebelumnya 3.535 kasus.

Sebelumnya, kabupaten ini sempat menduduki peringkat pertama jumlah pasien terpapar COVID-19. Kondisi sama kembali terulang saat ada temuan virus jenis delta yang dianggap lebih berbahaya. Kini kondisi penanganan pandemik berangsur-angsur membaik.

Kondisi yang sama juga terjadi di Bontang dengan jumlah pasien terpapar virus COVID-19 menjadi 2.078 kasus atau turun 1,3 persen dari sebelumnya 2.106 kasus. Samarinda juga mengalami perkembangan positif saat pasien terpapar virus COVID-19 menjadi 1.736 kasus atau turun 15,2 persen dari sebelumnya 2.001 kasus.

Sebaliknya, tiga kabupaten di Kaltim menunjukkan kabar kurang menyenangkan. Pasien terpapar virus terus meningkat di Kutai Barat  (2.143), Kutai Timur (1.677), dan Berau (1.298).

Tiga kabupaten ini biasanya pasien terpapar virus COVID-19 selalu terjaga di bawah angka 500 kasus. Sekarang kondisinya malah menyusul kota/kabupaten Kaltim yang memiliki populasi kepadatan penduduk tinggi. [jun]

No More Posts Available.

No more pages to load.