Zona Merah COVID-19 di Kaltim Berkurang

oleh -25 views
Bontang Dapat Tambahan 130 Vial Vaksin Pfizer, Utamakan Booster Kedua Nakes
Ilustrasi seseorang divaksin Covid-19.

SAMARINDA – Libur lebaran telah berakhir, hingga kini Kalimantan Timur (Kaltim) masih belum alami lonjakan kasus COVID-19. Tak hanya itu, tingkat kesembuhan pun sudah menembus 96 persen.

“Mudah-mudahan satu dua minggu ke depan kondisinya tetap stabil. Tidak ada lonjakan setelah lebaran seperti tahun lalu,” ujar Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim, Yudha Pranoto seperti dilansir dari rilis resmi Pemprov Kaltim, Senin (17/5).

Data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim menyebut ada tambahan 59 kasus terkonfirmasi positif virus corona di provinsi ini. Dengan perincian Berau 9 kasus, Kutai Barat 11 kasus, dan Kutai Timur 6 kasus. Selain itu Penajam Paser Utara 2 kasus, Balikpapan 22 kasus, Bontang 2 kasus, dan Samarinda 7 kasus.

Sementara penambahan pasien sembuh dari COVID-19 dilaporkan sebanyak 114 kasus. Meliputi Kutai Barat 4 kasus, Kutai Kartanegara 13 kasus, Kutai Timur 26 kasus, dan Paser 3 kasus. Diikuti Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 31 kasus, Bontang 9 kasus, dan Samarinda 25 kasus. Adapun penambahan pasien meninggal dilaporkan sebanyak 4 kasus. Terdiri dari Berau 1 kasus, Paser 2 kasus dan Samarinda 1 kasus.

“Empat daerah sebelumnya melaporkan nol kasus positif. Yakni Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara dan Samarinda,” urainya.

Dengan tambahan tersebut maka akumulasi kasus COVID-19 di Kaltim telah mencapai 70.138 atau 1.884,7 kasus per 100 ribu penduduk dengan positif rate 25,8 persen dari kasus diperiksa. Sedangkan total pasien sembuh mencapai 67.395 atau 96,1 persen dan kematian 1.686 atau 2,4 persen. Menyisakan 1.057 kasus aktif atau masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri.

“Angka kesembuhan masih lebih tinggi dari angka positif. Masih di bawah angka 100 kasus,” sebutnya.

Tak hanya itu laporan kasus COVID-19 pada Senin ini juga menunjukkan pemetaan sebaran virus corona yang kembali berubah di Kaltim. Daerah dengan status zona merah kembali berkurang menjadi enam kabupaten/kota. Kutai Timur kini berganti zona oranye dengan 44 kasus aktif.

Tiga lainnya berstatus zona kuning meliputi Paser 22 kasus aktif, Penajam Paser Utara 16 kaus aktif, dan Mahakam Ulu 8 kasus aktif. Tren positif ini diharap terus terjaga, terutama hingga hari terakhir libur lebaran kemarin yang dilaporkan cukup stabil tanpa lonjakan kasus.

“Semoga tidak ada lonjakan kasus (positif COVID-19),” pungkasnya. (*)

 

Penulis: Dias Ramadani

No More Posts Available.

No more pages to load.